HUBUNGAN DUKUNGAN PETUGAS KESEHATAN DENGAN PERILAKU WANITA USIA SUBUR DALAM PEMERIKSAAN IVA DI PUSKESMAS SETABELAN KOTA SURAKARTA

SUJIATI, AYU (2024) HUBUNGAN DUKUNGAN PETUGAS KESEHATAN DENGAN PERILAKU WANITA USIA SUBUR DALAM PEMERIKSAAN IVA DI PUSKESMAS SETABELAN KOTA SURAKARTA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Kebidanan_32102200020_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
Kebidanan_32102200020_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Pemeriksaan IVA merupakan salah satu pemeriksaan deteksi dini kanker serviks yang dapat dilakukan untuk mengurangi morbiditas dan mortalitas pada WUS. Perilaku kesehatan seseorang sangat dipengaruhi oleh petugas kesehatan yang memotivasi individu untuk melakukan deteksi dini atau skrining kanker serviks. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan dukungan petugas kesehatan dengan perilaku Wanita Usia Subur dalam pemeriksaan IVA di Puskesmas Setabelan Kota Surakarta. Metode: Jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan observasional analitik dan desain cross sectional. Sampel penelitian ini adalah Wanita Usia Subur rentang usia 30-49 tahun sebanyak 97 responden dengan teknik Stratified Random Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji alternatif yaitu uji Fisher. Hasil: Mayoritas responden memiliki dukungan petugas kesehatan dengan kategori cukup mendukung (78,4%), mayoritas responden memiliki perilaku pemeriksaan IVA dengan kategori pernah melakukan pemeriksaan (62,9%) dan terdapat hubungan dukungan petugas kesehatan dengan perilaku WUS dalam pemeriksaan IVA di Puskesmas Setabelan Kota Surakarta dengan p-value <0,006 (<0,05). Kesimpulan: Semakin baik dukungan petugas kesehatan maka semakin baik perilaku WUS dalam deteksi dini kanker serviks dengan pemeriksaan IVA. Sehingga akan meningkatkan perilaku WUS dalam melakukan deteksi dini kanker serviks. Kata Kunci: dukungan petugaas kesehatan, pemeriksaan IVA, Wanita Usia Subur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Farmasi
Fakultas Farmasi > S1 Kebidanan
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jul 2024 00:36
Last Modified: 06 Jul 2024 00:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34530

Actions (login required)

View Item View Item