PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA BUNGA PECAHAN PADA SISWA KELAS V SDN PUNDENARUM 1

Ambarani, Bella (2024) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA BUNGA PECAHAN PADA SISWA KELAS V SDN PUNDENARUM 1. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000120_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000120_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar matematika siswa kelas V di SDN Pundenarum 1 melalui penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media bunga pecahan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media bunga pecahan terbukti dapat meningkatkan tanggung jawab siswa pada pembelajaran matematika siswa kelas V SDN Pundenarum 1. Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media bunga pecahan terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika siswa kelas V SDN Pundenarum 1. Peningkatan ini terlihat dari hasil belajar dan hasil observasi tanggung jawab peserta didik yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Kata Kunci: Tanggung Jawab, Prestasi Belajar, Bunga Pecahan, Contextual Teaching and Learning (CTL), Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jun 2024 03:35
Last Modified: 07 Jun 2024 03:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34526

Actions (login required)

View Item View Item