PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI DAERAHKU KEBANGGAANKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA SCRAPBOOK DI KELAS V SD NEGERI KEDUNGUTER

Azzulfa, Firyaal Hasna (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI DAERAHKU KEBANGGAANKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA SCRAPBOOK DI KELAS V SD NEGERI KEDUNGUTER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000119_fullpdf.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000119_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada materi Daerahku Kebanggaanku dalam mata pelajaran IPAS melalui model pembelajaran project based learning berbantuan media scrapbook di kelas V SD Negeri Kedunguter. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek yang akan diteliti adalah peserta didik kelas V SD Negeri Kedunguter yang berjumlah 25. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Penelitian ini mengukur hasil kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik. Ranah kognitif diukur melalui hasil tes peserta didik, ranah afektif diukur melalui keaktifan peserta didik, dan ranah psikomotorik diukur melalui keterampilan kolaborasi proyek dan presentasi peserta didik. Aktivitas pendidik turut dinilai menggunakan lembar observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji daya pembeda, uji tingkat kesukaran, dan uji gain. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa model pembelajaran project based learning berbantuan scrapbook dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas V SD Negeri Kedunguter. Hasil belajar kognitif siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 64,00 meningkat pada siklus II menjadi 84,27. Pada ranah afektif, keaktifan peserta didik pada siklus I sebesar 64%, meningkat pada siklus II menjadi 83%. Sedangkan hasil belajar pada ranah psikomotor ditunjukkan dengan meningkatnya keterampilan kolaborasi proyek peserta didik pada siklus I dengan persentase rata-rata 63% menjadi 85%. Peningkatan juga terlihat pada penilaian keterampilan presentasi peserta didik, yang pada siklus I mendapat persentase rata-rata 65% meningkat pada siklus II menjadi 83%. Kesimpulan penelitian ini membuktikan bahwa model pembelajaran project based learning berbantuan media scrapbook dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Daerahku Kebanggaanku di kelas V SD Negeri Kedunguter. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar, Project Based Learning, Scrapbook

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jun 2024 06:53
Last Modified: 07 Jun 2024 06:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34525

Actions (login required)

View Item View Item