PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Syawaliyatin, Dhianisa (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000115_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000115_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengaruh penerapan model pembelajaran SAVI terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini di latar belakangi salah satunya oleh kurang efektifnya model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa terutama kelas IV SD Islam Sultan Agung 1.3. Yang di mana hal tersebut membuat siswa cenderung kurang aktif dalam berpikir kritis melalui pemahaman konsep dengan model pembelajaran yang digunakan. Selain itu juga bentuk penyajian pembelajaran dikelas yang monoton dan cenderung kurang menarik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Islam Sultan Agung 1.3. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dengan sampel yang sama dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV C SD Islam Sultan Agung 1.3 dengan jumlah 24 siswa. Berdasarkan Analisis data yang digunakan adalah uji paired sample t-test, diperoleh hasil pengujian data Lower dan Upper bernilai negative atau Sig.(2-tailed) = 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran SAVI. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran SAVI berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Islam Sultan Agung 1.3. Kata Kunci : Somatic, Auditory, Visual, Intellectual, Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jul 2024 00:54
Last Modified: 06 Jul 2024 00:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34524

Actions (login required)

View Item View Item