PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS KELAS V SD NEGERI 2 JEMBANGAN

Oktafian, Fadhil (2024) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS KELAS V SD NEGERI 2 JEMBANGAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000103_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000103_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan literasi sains siswa. Kurangnya variasi dan inovasi guru dalam mengmengajar dan kurangnya penggunaan sumber dan media. Pembelajaran yang terjadi termasuk pada jenjang sekolah dasar khususnya pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS). Penelitian ini menggunakan desain pre-experimen dengan mengikuti pola pre-tes pre-test contol grup design. Tujuan dari penelitian yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh model Team Games Tournament berbantuan Quizizz terhadap kemampuan literasi sains. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata yang diperoleh dari hasil pre-test dan post-test. Pada pre-test diperoleh rata-rata kemampuan literasi sains siswa sebanyak 68,44 dan setelah diberikan perlakuan hasil rata-rata post-test meningkat menjadi 78,75. Dari hasil rata-rata yang diperoleh akan diperkuat dengan uji paired sample t test untuk mengetahui adanya pengaruh variabel bebas yaitu model pembelajaran Team Games Tournament terhadap variabel terikat kemampuan literasi sains. Berdasarkan uji tersebut diperoleh hasil yang dapat dilihat pada kolom sig. (2-tailed) < α = 0,05 maka H_o ditolak. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa sig (2-tailed) 0,000 < α = 0,05 maka H_o ditolak dan H_a diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS. Kata Kunci: Team Games Tournament, Literasi, Sains

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jul 2024 01:16
Last Modified: 06 Jul 2024 01:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34519

Actions (login required)

View Item View Item