EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SIKAP KREATIF SISWA KELAS 3 SDN KARANGROTO 03

Abidin, Zainal (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SIKAP KREATIF SISWA KELAS 3 SDN KARANGROTO 03. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000091_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000091_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada model pembelajaran Problem-Based Learning dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis dan sikap kreatif siswa. Penggunaan model pembelajaran yang belum inovatif yakni model belajar konvensional terjadi pada jenjang Sekolah Dasar terutama pada mata Pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem-Based Learning terhadap pemahaman konsep matematis dan sikap kreatif siswa dan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa sudah memenuhi KKM. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis True-Experimental Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa lembar tes pemahaman konsep matematis dan angket sikap kreatif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas 3A sebagai kelas eksperimen dan kelas 3B sebagai kelas kontrol. Hasil Posttest menggunakan uji Homogenitas menunjukkan bahwa nilai sig. sebesar nilai sig. 0,473 > 0,05 maka data hasil posttest adalah homogen. Berdasarkan uji Independent T test nilai posttest sig.(2-tailed) sebesar 0,29 > 0,05 maka ada perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, hasil tersebut didukung dengan uji one sample t-test diperoleh nilai t hitung > -t tabel (3.784 > -1.676), maka Ho diterima. Hasil angket menggunakan uji Homogenitas nilai angket sebesar sig. 0,819 > 0,05 maka hasil angket juga homogen. Berdasarkan uji Independent t-test nilai angket memperoleh nilai sig. 0,389 > 0,05 maka ada perbedaan signifikan juga pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Artinya model pembelajaran Problem-Based Learning efektif terhadap pemahaman konsep matematis dan sikap kreatif siswa kelas III SDN Karangroto 03. Kata kunci : Problem-Based Learning, Pemahaman konsep matematis, Sikap Kreatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jul 2024 01:20
Last Modified: 06 Jul 2024 01:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34514

Actions (login required)

View Item View Item