Aryani, Vivid (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MUATAN MATEMATIKA DI KELAS III SDN KARANGSUMBER 01. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000085_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000085_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena kemampuan berpikir kritis muatan matematika siswa masih rendah hal ini dibuktikan banyak siswa yang masih bingung mengenai nilai-nilai pecahan sederhana dan langkah cepat menghitung pecahan sederhana pada soal cerita terbukti dengan hasil awal penilaian di kelas. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN Karangsumber 01 pada siswa kelas III dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media interaktif yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis muatan matematika siswa. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus, yang mana setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan observasi. Hasil analisis data memperoleh kesimpulan yaitu pada siklus I persentase ketuntasan klasikal kemampuan berpikir kritis siswa muatan matematika memperoleh 70% dengan kriteria cukup baik dan siklus II memperoleh peningkatan menjadi 90% dengan kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media interaktif dapat meningkatkan berpikir kritis siswa muatan matematika kelas III SDN Karangsumber 01. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Model Problem Based Learning, Media Interaktif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 06:54 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 06:54 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34512 |
Actions (login required)
View Item |