PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SD NEGERI BANDUNGROJO

Fatma, Nuraini Khoirul (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SD NEGERI BANDUNGROJO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000062_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000062_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)

Abstract

Penelitian berfokus pada pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kurangnya model pembelajaran yang bervariasi menyebabkan pembelajaran tidak tersampaikan secara efektif. Hal ini yang menjadi pengaruh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas V SD Negeri Bandungrojo. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes berjumlah 15 soal dan diberikan kepada 26 sampel. Hasil uji validitas isi instrumen menunjukkan bahwa terdapat 5 soal yang tidak valid dan 10 soal valid, sehingga soal yang diberikan adalah 10 soal dan diberikan kepada 26 sampel. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dengan skor posttest hasil kemampuan berpikir kritis mempunyai sig. 0,295 > 0,05. Nilai signifikansi yang diperoleh uji paired sample t test yaitu (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan secara statistic antara nilai awal variabel dan variabel akhir. Sehingga kesimpulannya adalah terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil uji gain ternormalisasi secara klasikal menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan kategori sedang dengan nilai 0,67. Artinya siswa telah mengalami peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan model pembelajaran project based learning. Kata kunci: Project based learning, berpikir kritis, Pendidikan Pancasila

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:56
Last Modified: 11 Jul 2024 01:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34498

Actions (login required)

View Item View Item