Amal, Muhammad Khoirul (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI KUTOSARI 01. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000054_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000054_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seringkali ditemukan pembelajaran yang belum menempatkan peserta didik sebagai pusat dari kegiatan belajar mengajar. Masih banyak dijumpai lembaga pendidikan yang menerapkan model pembelajaran konvensional sehingga berdampak pada kreativitas peserta didik yang kurang terbangun. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning (PjBL) berbasis STEAM terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV SDN Kutosari 01. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen yaitu pre-experimental design dengan menggunakan one-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yang dilakukan terhadap keseluruhan populasi kelas IV SD Negeri Kutosari 01 sebanyak 24 peserta didik. Hasil uji hipotesis menggunakan uji paired sample t test diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dengan kesimpulan H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat perbedaan yang nyata pada kemampuan berpikir kreatif peserta didik antara sebelum dan sesudah dilaksanakannya model pembelajaran project based learning berbasis STEAM. Namun, peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan yaitu sebesar 45,8% antara sebelum dan sesudah diterapkannya PjBL berbasis STEAM belum menunjukkan ketercapaian nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) secara keseluruhan. N-Gain score pada penelitian ini 0,3938 artinya efektivitas penggunaan model project based learning berbasis STEAM terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik termasuk dalam kategori sedang. Kata Kunci: Project Based Learning, STEAM, Kemampuan Berpikir Kreatif, Keragaman Budaya Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 06:55 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 06:55 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34497 |
Actions (login required)
View Item |