ANALISIS PERSEPSI GURU SD TERHADAP KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Maharani, Imas Aminda (2024) ANALISIS PERSEPSI GURU SD TERHADAP KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000042_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000042_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)

Abstract

Imas Aminda Maharani. 2024. Analisis Persepsi Guru SD Terhadap Keterlibatan Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran, Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Islam Sultan Agung. Pembimbing I: Yunita Sari, S.Pd.,M.Pd., Pembimbing II: Jupriyanto, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini berfokus pada Analisis Persepsi Guru SD Terhadap Keterlibatan Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran, penelitian ini lebih difokuskan pada analisis persepsi guru SD terhadap keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tujuan penelitian untuk menganalisis dan memahami secara mendalam persepsi para guru SD terhadap proses pembelajaran siswa dalam aspek keterlibatan orang tua. Variabel penelitian ini adalah persepsi guru, keterlibatan orang tua, dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data wawancara guru, dan wawancara orang tua. Persepsi guru mengenai keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran adalah sebagai hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran anak. Faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran adalah waktu dan kesadaran. Orang tua anak dengan ranking 1-6 lebih banyak terlibat dalam proses belajar daripada orang tua anak ranking 7-12. Orang tua yang memiliki waktu dan kesadaran yang cukup cenderung lebih aktif dalam mendukung proses pembelajaran anak. Guru menganggap keterlibatan orang tua sebagai hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran anak. Guru melihat orang tua sebagai mitra yang integral dalam mendukung perkembangan akademis anak, baik di lingkungan sekolah maupun di rumah.Orang tua berperan penting dalam mendukung pembelajaran anak di rumah melalui bantuan dalam tugas, dukungan emosional, dan motivasi. Kolaborasi antara sekolah dan keluarga juga sangat penting untuk mendukung perkembangan akademis anak. Kata Kunci: persepsi guru, keterlibatan orang tua, proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:01
Last Modified: 09 Jul 2024 07:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34490

Actions (login required)

View Item View Item