METAFORA DALAM LIRIK LAGU ALBUM BAHASA DAN MALAY SONGS COLLECTION KARYA “MAHER ZAIN” DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS PUISI KELAS X

Nuzulia, Hilda (2024) METAFORA DALAM LIRIK LAGU ALBUM BAHASA DAN MALAY SONGS COLLECTION KARYA “MAHER ZAIN” DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS PUISI KELAS X. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102000016_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102000016_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)

Abstract

Pada saat ini generasi Z masih tertarik dengan lirik lagu yang indah dan bernuasa Islami, seperti dalam lirik lagu Maher Zain. Ini adalah satu satu sebagai alasan mengapa Maher Zain hingga saat ini masih menjadi penyanyi yang popular dikalangan generasi Z hingga pada saat ini. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan mengenai jenis serta fungsi metafora yang terdapat dalam lirik lagu album “Bahasa dan Malay Songs Collection” karya Maher Zain dan relevansinya terhadap pembelajaran menulis puisi kelas X. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Peneliti telah menemukan 25 jenis data metafora diantaranya yakni 6 jenis data metafora pengabstrakan dan19 jenis data metafora sinestesis. Jenis data yang terbanyak telah diperoleh metafora sinestesis Fungsi metafora yang terdapat dalam album “Bahasa dan Malay Songs Collection” terdapat 4 fungsi metafora, diantaranya yakni 16 fungsi data metafora emotif, 8 fungsi data metafora puitis, 1 fungsi data metafora fatik, dan 3 fungsi data metafora metalingual. Dalam album tersebut telah ditemukan fungsi data metafora yakni berjumlah 28. Fungsi yang terbanyak diperoleh fungsi metafora emotif. Pada penelitian ini telah relevan dengan pembelajaran menulis puisi kelas X, khusunya yang terdapat dalam KD 4.17 mengenai menulis puisi dengan cara memperhatikan kedua unsur pembangunnya. Unsur pembangun puisi yakni unsur batin dan unsur fisik. Kata kunci: metafora, lirik lagu, menulis puisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:39
Last Modified: 11 Jul 2024 01:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34488

Actions (login required)

View Item View Item