PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TIPE FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V SD MATA PELAJARAN IPAS

Kirana, Ayudiah Chandra (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TIPE FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V SD MATA PELAJARAN IPAS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000020_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000020_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)

Abstract

Hasil belajar kognitif merupakan tingkat penguasaan siswa terhadap kegiatan belajar mengajar seperti pengetahuan dan keterampilan intelektual siswa. Hasil belajar kognitif siswa di SDN Batu 2 terbilang rendah. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang kurang bervariatif dan kurangnya waktu pembelajaran di kelas. Diperlukan kreatifitas dan inovasi oleh guru dalam menerapkan model pembelajaran, salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar kognitif ialah model pembelajaran Blended Learning tipe Flipped Classroom. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Blended Learning tipe Flipped Classroom terhadap hasil belajar kognitif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan desain penelitian Pre-Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest. Populasi dengan sampel yang sama yaitu menggunakan seluruh siswa kelas V SDN Batu 2 tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 19 siswa. Berdasarkan analisis data uji paired sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada hasil belajar kognitif mata pelajaran IPAS antara sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil uji paired sample t-test dengan nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,000 yang berarti < 0,05 hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Blended Learning tipe Flipped Classroom terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS di SDN Batu 2. Kata kunci : Flipped Classroom, Hasil belajar kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jul 2024 03:41
Last Modified: 06 Jul 2024 03:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34483

Actions (login required)

View Item View Item