PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM PENGUATAN MOTIVASI BELAJAR BERDASARKAN JENIS KELAMIN SISWA KELAS V SD NEGERI BULU LOR SEMARANG

Setyaningrum, Anggi Nurkumala (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM PENGUATAN MOTIVASI BELAJAR BERDASARKAN JENIS KELAMIN SISWA KELAS V SD NEGERI BULU LOR SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000016_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000016_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada model pembelajaran project based learning dalam penguatan motivasi belajar siswa berdasarkan jenis kelamin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam penguatan motivasi belajar siswa laki laki dan perempuan serta mengetahui apakah ada hubungan penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam penguatan motivasi belajar siswa berdasarkan jenis kelamin. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif jenis Pre-Experimental Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Hasil uji hipotesis I menunjukkan bahwa sig.(2-tailed) sebesar 0,009 < 0,05. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada siswa perempuan antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran. Hasil uji hipotesis II menyatakan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0, 014 < 0, 05. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada siswa laki - laki antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran. Hasil Mancova sebesar 0,000 < 0,05. Maka, dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan dalam gabungan variabel motivasi belajar antara siswa laki - laki dan perempuan terhadap motivasi belajar siswa. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan penerapan model pembelajaran project based learning terhadap motivasi belajar siswa berdasarkan jenis kelamin. Kata kunci: Project Based Learning, Motivasi Belajar, Jenis kelamin

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jun 2024 04:23
Last Modified: 07 Jun 2024 04:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34479

Actions (login required)

View Item View Item