PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DAN KREATIVITAS SISWA KELAS V SDN KEMIJEN 03 SEMARANG

Damayanti, Almira Rahma (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DAN KREATIVITAS SISWA KELAS V SDN KEMIJEN 03 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000015_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000015_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menguji pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V SDN Kemijen 03 Semarang. 2) Menguji pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kreativitas siswa kelas V SDN Kemijen 03 Semarang. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VA SDN Kemijen 03 Semarang yang berjumlah 27 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Nonprobability Sampling dengan teknik Sampling jenuh yaitu seluruh anggota populasi menjadi sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan angket. Hasil penelitian berdasarkan uji Paired Sampel T Test untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap pemahaman konsep IPA menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 maka Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Project Based Learning terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V SDN Kemijen 03 Semarang. Berdasarkan uji Regresi Linier Sederhana untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap kreativutas siswa menunjukkan nilai sig. sebesar 0.000 < 0.05 maka Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Project Based Learning terhadap kreativitas siswa kelas V SDN Kemijen 03 Semarang. Kata Kunci: Project Based Learning, Pemahaman Konsep IPA, Kreativitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jun 2024 03:43
Last Modified: 07 Jun 2024 03:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34478

Actions (login required)

View Item View Item