PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN AKTIVITAS KOLABORASI SISWA KELAS 2 DI SDN WIROGOMO 02 KECAMATAN BANYUBIRU

Ullyanti, Alifah (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN AKTIVITAS KOLABORASI SISWA KELAS 2 DI SDN WIROGOMO 02 KECAMATAN BANYUBIRU. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000014_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000014_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap pemahaman konsep matematis dan aktivitas kolaborasi siswa kelas 2 di SDN Wirogomo 02 Kecamatan Banyubiru. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tidak tercapainya tujuan pembelajaran, salah satunya yaitu kesalahan penggunaan model pembelajaran. Guru mengalami kesulitan dalam memusatkan perhatian siswa ketika belajar, Selain itu penggunaan model pembelajaran konvesional juga dinilai tidak efektif terutama dalam memfasilitasi pemahaman konsep berhitung pengurangan. Di samping aspek akademis, penting bagi guru untuk melatih aktivitas kolaborasi siswa guna mengembangkan keterampilan sosial di lingkungan belajarnya. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Penerapan model Problem Based Learning secara signifikan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis dengan nilai 0,607 (dari kolom shapiro-wilk pada uji normalitas). (2) Penerapan Model Problem Based Learning juga berpengaruh positif terhadap aktivitas kolaborasi siswa, dibuktikan dengan nilai 0,933 (dari kolom shapiro-wilk pada uji normalitas). dengan demikian, model pembelajaran Problem Based Learning terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis dan merangsang aktivitas kolaborasi siswa. Kata kunci: Problem Based Learning, Pemahaman konsep, Aktivitas kolaborasi, Pengurangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jul 2024 04:32
Last Modified: 06 Jul 2024 04:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34477

Actions (login required)

View Item View Item