ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA SITUASI TIDAK FORMAL INTERAKSI MAHASISWA UNISSULA DI KUMAIRA (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK)

Ma’rufah, Lifthihah Anis (2024) ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA SITUASI TIDAK FORMAL INTERAKSI MAHASISWA UNISSULA DI KUMAIRA (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102000041_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102000041_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)

Abstract

Kata kunci: alih kode, campur kode, tuturan mahasiswa, kajian sosiolinguistik Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat memberikan pengaruh terhadap penggunaan bahasa dalam berbagai lingkup kehidupan. Penggunaan bahasa dalam berinteraksi dan berkomunikasi semakin beraneka ragam. Pengaruh dari berbagai macam bahasa tidak menutup kemungkinan menyebabkan terjadinya penggunaan dua bahasa bahkan lebih dalam berkomunikasi antarsesama manusia. Faktor keragaman bahasa, keterbatasan bahasa, bahkan kepopuleran suatu bahasa menjadi penunjang terjadinya fenomena penggunaan dua bahasa atau lebih. Sehingga faktor tersebut memunculkan adanya gejala atau peristiwa alih kode dan campur kode. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis alih kode dan campur kode pada situasi tidak formal interaksi mahasiswa Unissula di Kumaira. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, SLBC (simak bebas libat cakap), teknik rekam, dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan adanya data yang diperoleh peneliti, yaitu berjumlah 73 data tuturan. Tuturan yang mengandung jenis alih kode berjumlah 13 data yaitu hanya terdiri dari alih kode intern. Jenis campur kode berjumlah 60 data. Campur kode yang paling banyak ditemukan dalam penggunaan campur kode adalah campur kode intern yaitu sebanyak 36 data dan campur kode ekstern sebanyak 24 data. Alih kode banyak disebabkan oleh faktor penutur, lawan tutur, perubahan topik pembicaran, dan kehadiran orang ketiga. Kemudian penyebab adanya peristiwa campur kode disebabkan oleh identifikasi peranan dan keinginan untuk menjelaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:25
Last Modified: 11 Jul 2024 01:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34462

Actions (login required)

View Item View Item