ANALISIS VOLUME KERUSAKAN DAN KEANDALAN BANGUNAN PADA KOMPONEN STRUKTUR DAN ARSITEKTUR (STUDI KASUS PADA GEDUNG LPPM UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG)

Pratama, Daffa Aditya and Senoputro, Rifqy Anggoro (2024) ANALISIS VOLUME KERUSAKAN DAN KEANDALAN BANGUNAN PADA KOMPONEN STRUKTUR DAN ARSITEKTUR (STUDI KASUS PADA GEDUNG LPPM UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Sipil_30202200258_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Teknik Sipil_30202200258_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Suatu bangunan memerlukan perawatan serta perbaikan gedung jika sudah melebihi batas umur rencana. Umur maksimal suatu bangunan adalah 30 tahun dan jika sudah melebihi batas maka perlu perhatian khusus. Gedung LPPM Universitas Islam Sultan Agung Semarang berdiri sejak tahun 1970 yang artinya umur bangunan tersebut sudah 53 tahun, serta pada saat musim hujan gedung ini juga sering terendam banjir karena posisinya yang berada dibawah elevasi jalan -0,30 meter. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kerusakan dan keandalan bangunan gedung pada komponen struktur dan arsitektur Gedung LPPM Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Penelitian ini dilakukan melalui observasi di lapangan, dimana untuk kerusakan menggunakan sistem pembobotan kuantitas dan untuk keandalan dengan memberikan penilaian skor terhadap hasil survey. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer meliputi denah bangunan dan volume kerusakan, serta data sekunder yang mengacu pada Permen PU No.29/PRT/M/2006 tentang pedoman teknis bangunan gedung dan Permen PU No.16/PRT/M/2010 tentang teknis pemeriksaan berkala bangunan. Hasil presentase yang didapat pada kerusakan struktur adalah 0% yang artinya tidak ada kerusakan, kemudian untuk arsitektur ruang dalam kerusakan paling besar adalah pelapis muka lantai 18,91% dan kerusakan arsitektur ruang luar paling besar adalah pelapis muka dinding 22,23 %. Kemudian untuk tingkat keandalan struktur mendapatkan angka 100% dalam kategori andal dan arsitektur mendapatkan angka 92,23% dalam kategori kurang andal. Kata Kunci: kerusakan, keandalan, bangunan gedung, arsitektur, struktur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:26
Last Modified: 09 Jul 2024 07:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34414

Actions (login required)

View Item View Item