ANALISIS KAPASITAS BANGUNAN PELIMPAH SAMPING UNTUK MENGURANGI DEBIT BANJIR (STUDI KASUS SUNGAI TUNTANG DESA NGROTO KECAMATAN GUBUG)

Ramadhan, Yassinta Fadhilla and Rahmawati, Anastya Nuvi (2024) ANALISIS KAPASITAS BANGUNAN PELIMPAH SAMPING UNTUK MENGURANGI DEBIT BANJIR (STUDI KASUS SUNGAI TUNTANG DESA NGROTO KECAMATAN GUBUG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Sipil_30202000209_fullpdf.pdf

Download (14MB)
[img] Text
Teknik Sipil_30202000209_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)

Abstract

Salah satu faktor penyebab terjadinya banjir di Sungai Tuntang adalah adanya curah hujan yang tinggi sehingga menyebabkan besarnya debit air di hilir Sungai Tuntang. Tidak berfungsinya bangunan pelimpah dalam menyalurkan aliran banjir juga menjadi salah satu faktornya. Hal itu menyebabkan Sungai Tuntang gagal dalam menampung kapasitas debit air yang mengalir dan berpotensi meluapnya air sungai pada tanggul. Berdasarkan uraian tersebut, maka perlu dilakukan analisis terhadap kapasitas bangunan pelimpah samping (side spillway) Sungai Tuntang. Kajian kapasitas pelimpah samping di Sungai Tuntang dilakukan dengan menganalisis berbagai aspek. Pertama melakukan analisis hidrologi terbaru dengan jangkauan dari 2018 hingga 2022. Analisis hidrologi dilakukan untuk mendapatkan besarnya debit banjir yang mungkin melimpas. Kemudian dilakukan analisis hidrolika untuk mendapatkan debit kapasitas Sungai Tuntang dan debit aliran bangunan pelimpah. Setelah debit didapatkan maka dilakukan analisis kapasitas Sungai Tuntang tanpa dan dengan adanya bangunan pelimpah samping. Berdasarkan hasil analisis didapat analisis hidrologi periode ulang 100 tahun sebesar 393,813 m /dt, kapasitas penampang Sungai Tuntang rata-rata 339,373 m 3 3 /dt. Selanjutnya analisis kapasitas Sungai Tuntang tanpa dan dengan adanya bangunan pelimpah samping, didapati Sungai Tuntang tidak dapat menampung debit banjir rencana periode ulang 100 tahun dan bangunan pelimpah samping mampu mengurangi debit aliran sungai. /dt dan debit aliran pelimpah 100 m 3 Kata Kunci: Pelimpah Samping Sungai Tuntang; Hidrologi; Kapasitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:23
Last Modified: 11 Jul 2024 01:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34387

Actions (login required)

View Item View Item