PENGARUH PEER GROUP EDUCATION TERHADAP KUALITAS HIDUP PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS

Febryanti, Retno (2023) PENGARUH PEER GROUP EDUCATION TERHADAP KUALITAS HIDUP PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
30901900182_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang : Penyakit Ginjal Kronik (PGK) merupakan masalah kesehatan global yang meningkat secara signifikan. Hemodialisis digunakan untuk mengatasi PGK, tetapi kualitas hidup pasien tetap menjadi perhatian. Penelitian ini menginvestigasi pengaruh Peer Group Education terhadap kualitas hidup pasien PGK yang menjalani hemodialisis. Metode : Penelitian menggunakan desain Quasi Eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Sebanyak 25 responden di RSUD K.R.M.T Wongsonegoro, Semarang,teknik pengambilan sempel pada penelitian ini menggunakan total sempling di mana jumlah responden di ambil sesuai dengan kriteria inkusi. Hasil : Penelitian menunjukkan sebagian besar pasien memiliki kualitas hidup yang cukup sebelum intervensi. Setelah Peer Group Education, terjadi peningkatan atau pengaruh yang sangat signifikan dalam kualitas hidup pasien di buktikan dengan p-value 0,0001 (<0,05) artinya terdapat pengaruh Peer Group Education terhadap kualitas hidup pasien yang menjalani hemodialisi. Kesimpulan : Terdapat pengaruh Peer Group Education terhadap kualitas hidup pasien penyakit ginjal kronik yang menjalani hemodialisis. Kata kunci: Penyakit Ginjal Kronis, Hemodialisis, Kualitas Hidup, Peer Group Education.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 22 May 2024 02:32
Last Modified: 22 May 2024 02:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34313

Actions (login required)

View Item View Item