PERBEDAAN EFEKTIVITAS TERAPI ACEI DAN ARB TERHADAP KEKAMBUHAN PENDERITA GAGAL JANTUNG KONGESTIF Studi Observasional terhadap Pasien dengan Gagal Jantung Kongestif Di RSI Sultan Agung Semarang

Widiasari, Naura Filza (2024) PERBEDAAN EFEKTIVITAS TERAPI ACEI DAN ARB TERHADAP KEKAMBUHAN PENDERITA GAGAL JANTUNG KONGESTIF Studi Observasional terhadap Pasien dengan Gagal Jantung Kongestif Di RSI Sultan Agung Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Kedokteran Umum_30102000132_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Kedokteran Umum_30102000132_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)

Abstract

Penyakit gagal jantung kongestif (GJK) merupakan penyebab kematian kedua tertinggi di Indonesia tahun 2020, dimana GJK seringkali terjadi kekambuhan. Beberapa metode pengobatan yang digunakan sebagai lini pertama ada dua, yaitu ACEI dan ARB. Meskipun telah banyak penelitian yang mempelajari efek ACEI dan ARB, kesetaraan efektivitas antara ACEI dan ARB masih menjadi perdebatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas terapi ACEI dan ARB terhadap kekambuhan pada pasien gagal jantung kongestif. Penelitian observasional analitik dengan desain penelitian cohort retrospektif menggunakan data sekunder pasien GJK rawat jalan RSISA Semarang periode 2023 yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi penelitian. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan 216 sampel. Data penelitian berskala nominal dianalisis dengan uji chi square menggunakan SPSS versi 26. Hasil uji bivariat chi square tidak didapatkan perbedaan yang signifikan antara efektivitas terapi ACEI dan ARB terhadap kekambuhan penderita GJK dengan nilai p 0,580 (p >0,05). Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara efektivitas terapi ACEI dan ARB terhadap kekambuhan penderita GJK di Rumah Sakit Islam Sultan Agung (RSISA) Semarang. Kata kunci: Gagal jantung kongestif, terapi ACEI dan ARB, kekambuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 04 Jun 2024 06:33
Last Modified: 04 Jun 2024 06:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34280

Actions (login required)

View Item View Item