PENGARUH EKSTRAK DAUN SALAM (Syzygium polyanthum) TERHADAP KADAR TUMOR NECROSIS FACTOR (TNF-α) (Studi Eksperimental pada Tikus Putih Jantan Galur Wistar yang Diinduksi Karagenan)

Sinatrya, Muhamad Brave (2024) PENGARUH EKSTRAK DAUN SALAM (Syzygium polyanthum) TERHADAP KADAR TUMOR NECROSIS FACTOR (TNF-α) (Studi Eksperimental pada Tikus Putih Jantan Galur Wistar yang Diinduksi Karagenan). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Kedokteran Umum_30102000115_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kedokteran Umum_30102000115_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)

Abstract

Inflamasi merupakan respon pertahanan tubuh non spesifik terhadap kerusakan jaringan yang ditandai oleh peningkatan kadar Tumor Necrosis Factor (TNF-α) dalam darah karena aktivasi persinyalan Toll Like Receptor 4 (TLR4). Daun salam mengandung flavonoid, tanin, dan saponin yang berpotensi sebagai antiinflamasi dengan cara menghambat aktivasi persinyalan TLR4. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun salam terhadap kadar TNF-α pada tikus jantan galur wistar yang diinduksi karagenan 1 %. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan rancangan “post test only control group design” dengan sampel penelitian 24 ekor tikus putih jantan galur wistar yang dibagi 4 kelompok secara acak. Kontrol Normal (KN) diberi pakan standar dan aquades; Kelompok Kontrol Sakit (KS) diberi pakan standar, aquades, dan induksi karagenan 1%; Kelompok Perlakuan 1 (KP1) diberi pakan standar, aquades, karagenan 1 %, dan ekstrak daun salam 100mg/kgBB; Kelompok Perlakuan 2 (KP2) diberi pakan standar, aquades, karagenan 1 %, dan ekstrak daun salam 200mg/kgBB. Pemeriksaan kadar TNF-α menggunakan ELISA. Rerata kadar TNF-α pada Kelompok Normal 6,57 pg/ml, Kelompok Sakit 18,71 pg/ml, Kelompok Perlakuan 1 10,88 pg/ml, dan Kelompok Perlakuan 2 8,70 pg/ml. Hasil uji normalitas data (p > 0,05), uji homogenitas (p = 0,901), One Way Anova menunjukan hasil beda signifikan 0,000. Uji Post Hoc LSD menunjukan adanya perbedaan signifikan rerata kadar TNF-α pada semua kelompok. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa ekstrak daun salam berpengaruh terhadap kadar TNF-α pada tikus putih jantan galur wistar yang diinduksi karagenan 1%. Kata kunci: Daun Salam, TNF-α, Karagenan 1%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 04 Jun 2024 06:26
Last Modified: 04 Jun 2024 06:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34276

Actions (login required)

View Item View Item