HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANGAN IGD RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Setiawan, Budi (2023) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANGAN IGD RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
30902000057_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Pembangunan kesehatan di Indonesia memiliki tujuan utama untuk menciptakan masyarakat yang sehat dan aman. Peran perawat dalam pelayanan kesehatan tidak hanya sebagai penyedia asuhan kesehatan berkualitas, tetapi juga berperan penting dalam manajemen rumah sakit. Mutu pelayanan keperawatan menjadi ukuran kunci dalam menilai mutu pelayanan kesehatan secara keseluruhan. Peran perawat yang berada di garis depan dalam perawatan pasien membuat mutu pelayanan keperawatan sangat penting sebagai tolok ukur kualitas pelayanan kesehatan secara menyeluruh. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di RS Islam Sultan Agung Semarang Metode: Jenis riset yang dipakai dalam riset ini merupakan riset deskriptif analitik dengan konsep riset memakai cross sectional. Besar sampel yang dipakai pada riset ini memakai rumus binomunal proportions dengan sampel 45. Uji statistik menggunakan uji somers''d dengan metode kuantitatif. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua indikator dalam kuesioner memiliki validitas dan reliabilitas yang tinggi. Dalam analisis univariat, mayoritas responden adalah wanita (58%), berjenis pekerjaan sebagai buruh (24%), berusia 46-55 tahun (33%), dan memiliki tingkat pendidikan SLTA. Analisis bivariat mengungkapkan adanya hubungan kuat dan signifikan antara mutu pelayanan keperawatan (variabel independen) dan kepuasan pasien (variabel dependen). Selain itu, mayoritas responden menganggap mutu pelayanan keperawatan sebagai "Baik" (88.9%) dan merasa "Sangat Puas" terhadap pelayanan pasien (88.9%). Simpulan : Terdapat hubungan kuat dan signifikan antara mutu pelayanan keperawatan dan tingkat kepuasan pasien di rumah sakit tersebut. Korelasi antara mutu pelayanan keperawatan dan kepuasan pasien sebesar 98,1% dengan signifikansi 0,007, menunjukkan bahwa perubahan dalam mutu pelayanan keperawatan berdampak signifikan pada tingkat kepuasan pasien, dengan saran agar lebih fokuskan perhatian ke faktor. Kata Kunci : Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien Daftar Pustaka : 22 (2013-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 31 May 2024 06:59
Last Modified: 31 May 2024 06:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34195

Actions (login required)

View Item View Item