HUBUNGAN KONSUMSI MAKANAN KARIOGENIK DENGAN TANDA DAN GEJALA KARIES PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SD ISLAM DARUL FALAH SEMARANG

YUNIANTI, CHOIRUL TRI (2024) HUBUNGAN KONSUMSI MAKANAN KARIOGENIK DENGAN TANDA DAN GEJALA KARIES PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SD ISLAM DARUL FALAH SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text
30902000061_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Tingginya angka karies gigi terkait dengan kebiasaan dan perilaku makan yang salah dari sebagian orang dan kesukaan akan makanan dan minuman manis, kurang berserat dan mudah lengket yang dapat menyebabkan karies gigi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara konsumsi makanan kariogenik dengan tanda dan gejala karies pada anak sekolah dasar di SD Islam Darul Falah Semarang. Metode: Penelitian ini menggunakan desain case control. Besar sampel 40 responden yang diambil dengan menggunakan teknik Non-Probability dengan pendekatan Consecutive Sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi, kemudian di analisa dengan uji statistik menggunakan Uji Chi-Square. Hasil: Uji statistik chi-square p value 0,001 < 0,05 dan OR = 27.0 yang berarti anak yang sering konsumsi makanan kariogenik mempunyai risiko 27 kali akan mengalami karies gigi dibandingkan dengan anak yang tidak sering konsumsi makanan kariogenik. Simpulan: Ada hubungan konsumsi makanan kariogenik dengan tanda dan gejala karies pada anak sekolah dasar di SD Islam Darul Falah Semarang (p-value < 0,05). Kata Kunci : Konsumsi makanan kariogenik, Tanda dan gejala karies Daftar Pustaka : 35 (2003-2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 20 May 2024 06:16
Last Modified: 20 May 2024 06:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34193

Actions (login required)

View Item View Item