HUBUNGAN TINGKAT SPIRITUALITAS DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN HIV/AIDS PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEPERERAWATAN DI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Apriliany, Cindy (2023) HUBUNGAN TINGKAT SPIRITUALITAS DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN HIV/AIDS PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEPERERAWATAN DI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
30902000063_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Jumlah kasus HIV positif selama beberapa tahun terakhir secara umum meningkat di Indonesia. AIDS sampai saat ini belum ditemukan obatnya vaksin AIDS juga belum ada. Oleh karena itu, untuk mencegah penyebaran HIV/AIDS pada mahasiswa perlu diterapkan perilaku pencegahan sedini mungkin pada remaja yang masuk ke tahap dewasa awal . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara tingkat spiritualitas dengan perilaku pencegahan HIV/AIDS pada mahasiswa di Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Metode: desain penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasinya adalah semua mahasiswa fakultas ilmu keperawatan semester 3 di Universitas Islam Sultan Agung Semarang yang memenuhi kriteria inklusi, besar sampel 145 responden yang diambil dengan menggunakan Tekni nonprobability sampling dengan pendekatan consecutive sampling. Variabel independen adalah tingkat spiritualitas dan variabel dependennya adalah perilaku pencegahan HIV/AIDS. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisa dengan uji korelasi somer’s. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dari 145 reponden menunjukkan sebagian besar karakteristik responden berjenis kelamin perempuan (80,7%), karakteristik berdasarkan umur terbanyak 19 tahun (64,1%),sedangkan latar belakang pendidikan terbanyak SMA (62,8%) dengan karakteristik tingkat spiritualitas kategori tinggi sebesar (94,5%), dan sebagian besar perilaku pencegahan HIV/AIDS pada mahasiswa kategori tinggi (89,0%). Setelah dilakukan uji somer’s didapatkan hasil nilai p-value 0.027 dengan nilai koefisien korelasi somer’s 0,545 yang artinya Ha diterima dengan tingkat hubungan kuat. Kesimpulan: Ada hubungan antara tingkat spiritualiltas dengan perilaku pencegahan HIV/AIDS pada mahasiswa di Universitas Islam Sultan Agung Semarang (p-value <0,05) Kata kunci : Spiritualitas, Perilaku Pencegahan HIV/AIDS Daftar pustaka : 28 (2016-20222)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 20 May 2024 06:17
Last Modified: 20 May 2024 06:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34191

Actions (login required)

View Item View Item