EFEKTIVITAS METODE TES KENAIKAN JUZ DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN MAHASANTRI PONDOK PESANTREN ASSHODIQIYAH SEMARANG

Azzahro’, Yuli Fatimah (2024) EFEKTIVITAS METODE TES KENAIKAN JUZ DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN MAHASANTRI PONDOK PESANTREN ASSHODIQIYAH SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100059_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100059_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)

Abstract

Para penghafal al-Qur’an bahkan ketika sudah menyelesaikan hafalannya belum semuanya memiliki kualitas hafalan yang diharapkan, hal tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satu diantaranya adalah tidak adanya tes kenaikan juz sehingga para santri hanya fokus menambah hafalan baru untuk mengkhatamkan tanpa adanya koreksi pada tiap juznya. Secara garis besar kualitas hafalan Al-Qur’an memiliki 3 indikator yakni tajwid, faṣaḥaḥ dan kelancaran. Metode tes kenaikan juz adalah cara yang bisa digunakan untuk memastikan hafalan Al-Qur’an memiliki kualitas yang baik. Penelitian ini tergolong pada jenis penelitian kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui proses penggalian data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif–kualitatif. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan tentang Efektivitas Metode Tes Kenaikan Juz dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Mahasantri Pondok Pesantren Asshodiqiyah Semarang, meliputi: (1) Pelaksanaan metode tes kenaikan juz atau taṣḥiḥ yang diterapkan di Pondok Pesantren Asshodiqiyah terdapat dua tahapan, yakni: pertama, koreksi hafalan langsung berhadapan dengan guru secara individu dengan cara mahasantri membacakan hafalan Al-Qur’an 1 juz penuh secara tartīl. Kedua, koreksi hafalan yang di-sima’ oleh seluruh santri taḥfīẓ dan dinilai kembali oleh guru sebagai kontrol perbaikan setelah melaksanakan tahapan yang pertama dengan harapan kesalahan-kesalahan yang dilakukan sebelumnya tidak terulang kembali. (2) Kendala dalam pelaksanaan metode tes kenaikan juz di Pondok Pesantren Asshodiqiyah adalah: padatnya jadwal dan tugas kuliah, lingkungan dan kurangnya kemampuan individu. (3) Metode tes kenaikan juz dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an mahasantri Pondok Pesantren Asshodiqiyah dinyatakan efektif dengan hasil ukur variabel-variabel berikut ini: Pertama, ketepatan sasaran, yakni tes kenaikan juz dilaksanakan bagi mahasantri yang telah menyelesaikan hafalan 1 juz yang hendak melanjutkan hafalan juz berikutnya. Kedua, Sosialisasi, yakni metode tes kenaikan juz sudah disampaikan sejak awal kepada mahasantri yang hendak mengikuti program taḥfīẓ di Pondok Pesantren Asshodiqiyah. Ketiga, Tujuan, yakni tes kenaikan juz ini bertujuan untuk memastikan hafalan Al-Qur’an mahasantri memiliki kualitas yang baik dan semakin meningkat kualitasnya setelah melakukan tes kenaikan juz. Keempat, Pemantauan, yakni terdapat tes lanjutan setelah melakukan tes kenaikan juz dan pendampingan intensif bagi mahasantri yang memerlukannya. Kata Kunci; Efektivitas, Tes Kenaikan Juz, Kualitas Hafalan Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jun 2024 02:17
Last Modified: 06 Jun 2024 02:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34190

Actions (login required)

View Item View Item