FAKTOR-FAKTOR PREDIKTOR SIKAP KOLABORASI INTERPROFESI PADA MAHASISWA IPE DENGAN PENDEKATAN SIMULASI KETRAMPILAN KLINIK

Athaullah, Dwiki Fajar (2024) FAKTOR-FAKTOR PREDIKTOR SIKAP KOLABORASI INTERPROFESI PADA MAHASISWA IPE DENGAN PENDEKATAN SIMULASI KETRAMPILAN KLINIK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Kedokteran Umum_30102000058_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Kedokteran Umum_30102000058_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)

Abstract

IPE merupakan rancangan kegiatan pendidikan untuk membangun kapasitas calon tenaga kesehatan yang berbengaruh besar dalam penerapan PCC. Sikap kolaborasi interprofesi mahasiswa menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan IPE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor prediktor sikap kolaborasi interprofesi mahasiswa pada IPE simulasi ketrampilan klinik. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain cross sectional pada mahasiswa keperawatan dan pendidikan kedokteran di Universitas Islam Sultan Agung Semarang yang mengikuti modul IPE simulasi ketrampilan klinik tahun 2024. Sikap kolaborasi interprofesi diukur dengan kuesioner Interprofessional Collaborative Competencies Attainment Survey yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Identitas profesional diukur dengan kuesioner Adams. Faktor prediktor lain terhadap kolaborasi interprofesi digali menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan regresi logistik menggunakan SPSS 25. Sebanyak 306 mahasiswa menjadi subjek penelitian dan 169 (55,2%) mahasiswa memiliki sikap positif terhadap kolaborasi interprofesi. Kepercayaan diri mengikuti IPE(p=0,002; Exp(B)=1,957; CI=1,291-2,967), motivasi mengikuti kegiatan IPE (p=0,014; Exp(B)=1,522; CI= 1,087-2,131), identitas profesi (p=0,000; Exp(B)=5,265; CI=3,096-8,954), dan pengalaman organisasi (p=0,030; EXP(B)=1,509; CI=1,040-2,189) merupakan faktor prediktor sikap kolaborasi interprofesi. Jenis kelamin, latar belakang profesi, dan IPK bukan merupakan faktor prediktor sikap kolaborasi interprofesi. Mahasiswa yang memiliki sikap positif terhadap kolaborasi interprofesi berjumlah lebih banyak daripada mahasiswa yang memiliki sikap negatif. Identitas profesional merupakan faktor prediktor dominan sikap kolaborasi interprofesi pada mahasiswa yang mengikuti IPE simulasi ketrampilan klinik. Kata Kunci: Interprofessional Education (IPE), Interprofessional Collaborative Competencies Attainment Survey

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 04 Jun 2024 04:05
Last Modified: 04 Jun 2024 04:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34187

Actions (login required)

View Item View Item