PROGRAM INTRAKURIKULER KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PENAJAM PASER UTARA

LAIL, SETIAWAN MISBACHUL (2023) PROGRAM INTRAKURIKULER KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PENAJAM PASER UTARA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100056_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100056_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan hal penting yang tidak bisa ditinggalkan dari pelaksanaan pendidikan di sekolah. Dan dari sekian banyak karakter yang perlu ditanamkan kepada peserta didik, karakter kedisiplinan merupakan sesuatu yang penting untuk diprioritaskan. SMK Muhammadiyah 1 yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara tempat dimana Ibu Kota Nusantara akan dibangun menghadapai tantangan untuk menjadi solusi dalam mencari sumber daya manusia yang berkarakter baik khususnya disiplin. Karena itu penulis tertarik untuk meneliti tentang implementasi program intrakulikuler keagamaan dalam pembentukan karakter disiplin di SMK Muhammadiyah 1 Penajam Paser Utara dan faktor pendukung serta penghambat dalam implementasi program tersebut Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan dilakukan dengan cara keikutsertaan peneliti, Teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori dan metode. Informan penelitian adalah Kepada Sekolah, Guru Pembina Keagamaan dan Peserta didik SMK Muhammadiyah 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program intrakurikuler keagamaan di SMK Muhammadiyah 1 Penajam Paser Utara terbagi menjadi beberapa jenis program yaitu; (1) tadarus Al Quran pagi, (2) Salat zuhur berjamaah dan kultum (3) khotib jumat (4) salat dhuha (5) jumat religi. Sementara beberapa faktor pendukung yaitu; (1) adanya masjid di sentral area sekolah (2) sumber daya guru yang merupakan lulusan pesantren. Adapun faktor penghambat program tersebut antara lain; (1) sebagian guru belum terlibat aktif dalam kegiatan (2) kurangnya koordinasi antara koordinator guru pembina keagamaan dengan pihak manajemen sekolah. Kata kunci: Karakter disiplin, Program keagamaan, Penajam Paser Utara

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 17 May 2024 09:28
Last Modified: 17 May 2024 09:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34185

Actions (login required)

View Item View Item