KEEFEKTIFAN METODE SOROGAN PADA SANTRI TINGKAT WUSTHA GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA KITAB SYARAH SULLAM AT-TAUFIQ DI PONDOK PESANTREN AL- ITQON, BUGEN, SEMARANG

ABDURROHMAN, HADANI (2024) KEEFEKTIFAN METODE SOROGAN PADA SANTRI TINGKAT WUSTHA GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA KITAB SYARAH SULLAM AT-TAUFIQ DI PONDOK PESANTREN AL- ITQON, BUGEN, SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501700043_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501700043_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)

Abstract

Dalam bentuk pembelajaran di lingkungan pondok pesantren, salah satu metode yang populer diantaranya adalah sorogan. Model sorogan ini disebutkan merupakan cara efektif dalam mendorong santri untuk memahami cara membaca dan memaknai kitab dengan disodorkan kepada guru, murid membaca, dan guru bertanya terkait gramatikal dari bacaan murid tersebut, dilakukan secara berhadap-hadapan, satu-persatu secara bergiliran. Dalam praktiknya di pondok pesantren, sorogan berfungsi sebagai evaluasi pembelajaran santri terhadap materi ilmu alat/gramatikal bahasa yang telah dipelajari. Maka, sorogan bukan sekedar bersetatus sebagai bentuk metode pembelajaran semata, namun dalam pelaksanaannya, termuat unsur evaluasi terhadap pemahaman santri atas akumulasi materi ajar yang telah didapatkan sebelum-sebelumnya sehingga mengantarkan pada keefektifan dalam membaca kitab. Penelitian ini berfokus pada santri Al-Itqon, Bugen, Semarang, tingkatan Wustha, dan dalam lingkup sorogan kitab Syarah Sullam at-Taufiq. Dalam penelitian ini, tujuan yang akan dicapai berupa 1) Mengetahui pemahaman membaca kitab Syarah Sullam at-Taufiq pada santri tingkat Wustha di Pondok Pesantren Al-Itqon Bugen Semarang. 2). Mengetahui penerapan metode sorogan kitab Syarah Sullam at-Taufiq pada santri tingkat Wustha di Pondok Pesantren Al-Itqon Bugen Semarang. 3) Mengetahui keefektifan metode sorogan guna meningkatkan pemahaman membaca kitab Syarah Sullam at-Taufiq di Pondok Pesantren Al- Itqon, Bugen, Semarang. Menggunakan metode kualitatif partisipatif, penelitian ini menghasilkan 1) tercapainya pemahaman membaca kitab Syarah Sullam at-Taufiq pada santri Wustha didasarkan dari dua aspek, yaitu pemahaman isi dan pemahaman kandungan. 2) penerapan metode sorogan kitab Syarah Sullam at-Taufiq dalam bentuk sorogan terbagi menajdi dua hal; yaitu teknis pelaksanaan dan proses pembelajaran. 3) keefektifan metode sorogan didukung oleh adanya keterpaduan antara proses belajar mengajar dengan lingkungan tempat tinggal santri, yaitu, di didalam pondok. Sehingga metode sorogan dalam penelitian ini menghasilkan tiga aspek tinjauan, ialah; role model asatidz, stimulus belajar santri, dan punishment. Kata Kunci: Pesantren, Santri, Sorogan, Metode Sorogan, Keefektifan Sorogan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 17 May 2024 04:20
Last Modified: 17 May 2024 04:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34170

Actions (login required)

View Item View Item