BALQIS, ADZKIA (2024) ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET BAGI PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI DESA KARANGANYAR GUNUNG KECAMATAN CANDISARI TAHUN 2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Agama Islam_31502000004_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Pendidikan Agama Islam_31502000004_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
Abstract
Anak merupakan salah satu amanat dari Allah SWT. anak yang sedang berada dalam rentang usia 3-6 tahun, merupakan sosok individu yang sedang dalam proses perkembangan. Perkembangan anak adalah suatu proses perubahan dimana anak belajar menguasai tingkat yang lebih tinggi dari aspek-aspek: gerakan, berpikir, perasaan, dan interaksi baik dengan sesama maupun dengan benda-benda dalam lingkungan hidupnya.Perkembangan tersebut tentunya tidak terlepas dari adanya pendidikan rang tua yang bertanggung jawab atas pendidikan anak adalah dengab memberikan bimbingan dan latihan terhadap anak melalui pendidikan dengan keteladanan, pembiasaan, nasehat dan perhatian tentang hal-hal yang bermanfaa untuknya.World Health Organization (WHO) melaporkan bahwa terdapat 5-25% dari anak-anak usia prasekolah atau anak usia dini menderita gangguan perkembangan. Berbagai stimulasi mampu mempengaruhi perkembangan anak, diantaranya yaitu gadget. Di zaman yang serba canggih seperti ini kehadiran gadget memang sudah menjadi kebutuhan utaman baik dari anak-anak maupun orang dewasa. Gadget tidak hanya sebagai alat untuk berkomunikasi namun juga dapat membantu mempermudah melakukan aktivitas-aktivitas lainnya. Perlu diketahui bahwa periode perkembangan anak yang sangat sensitif adalah saat usia 1-5 tahun sabagai masa anak usia dini sehingga sering disebut the golden age. Perlu diketahui bahwa periode perkembangan anak yang sangat sensitif adalah saat usia 1-5 tahun sabagai masa anak usia dini sehingga sering disebut the golden age.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dampak penggunaan gadget pada perkembangan sosial anak usia dini di Desa Karanganyar Gunung Kecamatan Candisari. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif lapangan. Sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan waktu sedangkan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisa kualitatif. Kesimpulan akhir dalam penelitian ini mengenai dampak penggunaan gadget pada perkembangan sosial anak usia dini di Desa Karanganyar Gunung Kecamatan Candisari yaitu penggunaan gadget yang dilakukan oleh anak-anak usia dini memepunyai dampak positif maupun negatif tergantung dari intensitas serta pengawasan dari orang tua. Tingginya intensitas dan durasi penggunaan gadget serta aplikasi-aplikasi yang sering di mainkan sebaiknya dibatasi dalam pemakainnya karena tidak sesuai atau belom layak pada usianya. Kata kunci : Dampak Penggunaan Gadget Bagi Perkembangan Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 17 May 2024 04:15 |
Last Modified: | 17 May 2024 04:15 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34168 |
Actions (login required)
View Item |