IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SDN GAJI 1 DEMAK

Mustopiyah, Ainul (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SDN GAJI 1 DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502000009_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502000009_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai implementasi model pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam dalam kurikulum merdeka belajar di SDN Gaji 1 Demak. Dalam proses pembelajaran, guru dapat memilih model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik agar terciptanya lingkungan belajar yang efektif. Model pembelajaran akan bermanfaat bagi guru dan peserta didik karena dapat memudahkan guru dalam mengajar dan menyampaikan materinya juga memberikan dampak positif bagi peserta didik dalam memahami materi sesuai dengan kebutuhannya. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran berdiferensiasi. Model pembelajaran berdiferensiasi merupakan model yang mengakomodir dan mengahargai keberagaman peserta didik dalam belajar sesuai dengan kesiapan, minat atau gaya belajarnya. Fokus penelitian ini meliputi implementasi model pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam dalam kurikulum merdeka belajar di SDN Gaji 1 Demak, serta faktor pendukung dan penghambat implementasi model impementasi model pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam dalam kurikulum merdeka belajar di SDN Gaji 1 Demak. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan metode analisis berupa reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil peneltian ini Hasil peneltian ini menunjukkan implementasi model pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PAI dalam kurikulum merdeka belajar di SDN Gaji 1 Demak dilakukan dengan baik dengan menggunakan tiga strategi model pembelajaran berdiferensiasi yaitu konten, proses, dan produk. Pada pelaksanaannya terdapat faktor pendukungnya, adanya dukungan dari kepala sekolah dan tersedianya sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor pengahambatnya, minimnya motivasi belajar beberapa peserta didik terhadap gaya belajar pada model pembelajaran berdiferensiasi. Kata Kunci : Model Pembelajaran Berdiferensiasi, Mata Pelajaran PAI, Kurikulum Merdeka Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 17 May 2024 04:18
Last Modified: 17 May 2024 04:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34166

Actions (login required)

View Item View Item