IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI SMP ISLAM SULTAN AGUNG 4 SEMARANG TAHUN 2023/2024

Melfitara, Alifia (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI SMP ISLAM SULTAN AGUNG 4 SEMARANG TAHUN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502000012_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502000012_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)

Abstract

Kurikulum Merdeka belajar merupakan kurikulum terbaru berbasis kompetensi yang lebih berpusat pada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi kurikulum Merdeka belajar dalam pembelajaran fiqih di SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), penarikan kesimpulan (verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran fiqih dengan baik. Implementasi kurikulum merdeka dilakukan melalui tiga tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan danevaluasi. Perencanaan yang dilakukan adalah guru membuat modul ajar. Pelaksanaan yang dilakukan melalui tiga tahap yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Evaluasi dilakukan dengan dua cara yaitu tes formatif dan tes sumatif. Kata Kunci : Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar, Pembelajaran Fiqih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 17 May 2024 04:08
Last Modified: 17 May 2024 04:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34165

Actions (login required)

View Item View Item