EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SD NEGERI 1 NGOLODONO TAHUN AJARAN 2023/2024

UTAMI, AYUK (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SD NEGERI 1 NGOLODONO TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502000027_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502000027_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)

Abstract

Model pembelajaran discovery learning merupakan salah satu model untuk meningkatkan hasil belajar, karena model pembelajaraan discovery learning lebih menekankan peserta didik untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). yang melibatkan satu kelas eksperimen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SD Negeri 1 Ngolodono Tahun ajaran 2023/2024. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental dengan alur One-Group Pretest-Posttest yaitu sebuah desain penelitian yang dilaksanakan tanpa adanya kelas pembanding dan dilaksanakan dengan dua kali tes yaitu sebelum diberi perlakuan (Pretest) dan sesudah diberi perlakuan (Posttest). Sampel ekperimen pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 1 Ngolodono sebanyak 27 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif peserta didik meningkat setelah pembelajaran melaui model discovery learning dengan nilai rata-rata 87,2 berada pada karegori sangat tinggi. Pada hasil uji one sample test yang menunjukkan (sig.(2-tailed)0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolah, selai itu uji N-Gain menunjukkan rata-rata sebesar 0,73 pada tafsiran efektivitas N-Gain beradapada presentase 73%. Berdasarkan hasil analisis data, maka discovery learning efektif terhadap hasil belajar kognitif. Kata Kunci : efektivitas, model discovery learning, hasil belajar kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 03 Jun 2024 02:22
Last Modified: 03 Jun 2024 02:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34150

Actions (login required)

View Item View Item