HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN HIV/AIDS DI FAKULTAS ILMU KEPERERAWATAN UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Kartika, Dede Ika (2023) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN HIV/AIDS DI FAKULTAS ILMU KEPERERAWATAN UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
30902000066_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Jumlah kasus HIV positif selama beberapa tahun terakhir secara umum meningkat di Indonesia. Semarang menempati posisi pertama untuk wilayah Jawa tengah dalam jumlah korban HIV/AIDS. AIDS sampai saat ini belum ditemukan obatnya vaksin AIDS juga belum ada. Oleh karena itu, untuk mencegah penyebaran HIV/AIDS pada mahasiswa perlu diterapkan perilaku pencegahan sedini mungkin pada remaja yang masuk ke tahap dewasa awal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara tingkat pengetahuan dengan perilaku pencegahan HIV/AIDS pada mahasiswa di Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Besar sampel 145 responden yang diambil dengan menggunakan Teknik non probability dengan pendekatan consecutive sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisa dengan uji korelasi sommer’s. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian menunjukka responden mayoritas berjenis kelamin perempuan (82,1%), berdasarkan umur responden adalah 19 tahun (63,4%), berdasarkan latar belakang prendidikan responden berasal dari SMA (66,2%) dari tingkat pengetahuan adalah kategori baik (91,0%), dan sebagian besar perilaku pencegahan HIV/AIDS pada mahasiswa adalah dengan kategori baik (80,0%). Setelah dilakukan uji sommer’s didapatkan hasil nilai p-value <0,01 dengan nilai koefisien korelasi sommer’s 0,537 yang artinya Ha diterima dengan tingkat hubungan moderat. Kesimpulan: Ada hubungan antara tingkat pengetahuan mahasiswa dengan perilaku pencegahan HIV/AIDS pada mahasiswa di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Islam Sultan Agung Semarang (p-value <0,05) Kata Kunci : Tingkat pengetahuan, perilaku pencegahan Daftar pustaka : 15 (2015 – 2022)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 17 May 2024 04:02
Last Modified: 17 May 2024 04:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34139

Actions (login required)

View Item View Item