ANALISIS TERHADAP PUTUSAN HAKIM DALAM PERKARA PEMBATALAN PERKAWINAN TAHUN 2016-2023 (Studi di Pengadilan Agama Semarang Kelas I-A)

Munji, Musfar (2024) ANALISIS TERHADAP PUTUSAN HAKIM DALAM PERKARA PEMBATALAN PERKAWINAN TAHUN 2016-2023 (Studi di Pengadilan Agama Semarang Kelas I-A). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)_30502000039_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)_30502000039_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)

Abstract

Perkawinan merupakan salah satu fitrah manusia. Hal ini menunjukkan bahwa manusia harus tetap bereksistensi dalam melestarikan keturunan. Dalam syari’at Islam, perkawinan merupakan bentuk dari ibadah dan memiliki tujuan untuk mewujudkan kehidupan yang saki>nah, mawaddah, serta rah}mah. Sebagaimana dijelaskan dalam KHI Pasal 2 dan 3 tentang Dasar-dasar Perkawinan. Namun, pada kenyataannya tidak jarang ditemukan adanya pelanggaran bahkan hingga mempermainkan perkawinan itu sendiri, seperti halnya perceraian bahkan pembatalan perkawinan. Ini dikarenakan kurangnya pemahaman terhadap makna dan tujuan perkawinan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan melalui pendekatan studi dokumentasi (document studies), yang mana bertujuan untuk menganalisis putusan Hakim dalam perkara pembatalan perkawinan dari tahun 2016-2023 di Pengadilan Agama Semarang Kelas I-A. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Adapun data diperoleh dari studi dokumen putusan dan dilengkapi dengan wawancara dengan Hakim Pengadilan Agama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi putusan Hakim meliputi alasan pembatalan perkawinan, fakta hukum, dan pertimbangan Hakim. Temuan ini memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi putusan Hakim dalam perkara pembatalan perkawinan, serta implikasi hukumnya. Kata Kunci: Pembatalan Perkawinan, Putusan, Pengadilan Agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jun 2024 02:15
Last Modified: 05 Jun 2024 02:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34132

Actions (login required)

View Item View Item