Saputra, Dimas Agil (2023) HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN MEKANISME KOPING PADA MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM MENGHADAPI PRAKTEK BELAJAR KLINIK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
|
Text
30902000075_fullpdf.pdf Download (2MB) |
Abstract
Latar Belakang : Stres adalah realitas kehidupan, dan orang merespons stres dengan cara yang berbeda berdasarkan berbagai keadaan, salah satunya adalah bagaimana mereka mempersepsikan kejadian stres (stressor). Mahasiswa keperawatan melakukan kegiatan praktik klinik sebagai salah satu pengalaman belajarnya sehingga dapat menerapkan konsep yang telah dipelajarinya dengan melakukan tugas keperawatan hanya pada klien di fasilitas praktik Metode : Menggunakan metodologi penelitian deskriptif korelatif, pengumpulan data menggunakan kuisioner PSS-10 dan Brief Cope Infentory, dengan teknik sample menggunakan total sampling, dengan menggunakan rumus Chi-Square. Hasil : Berdasarkan hasil yang diperoleh dari 58 responden, dimana seluruh respondenya berada pada masa umur remaja akhir, dan lebih dari sebagian responden adalah perempuan sejumlah (77,6%) dari 58, dan didapatkan responden terbanyak dengan tingkat stres sedang (70,7%), dan hampir seluruh mahasiswa melakukan koping adaptif (91,4%), dari 7 responden yang mengalami stres berat ada 5 (71,4%) mahasiswa yang melakukan koping maladaptif Simpulan : Ada hubungan yang bermakna antara tingkat stres dengan mekanisme koping mahasiswa dalam menghadapi praktik belajar klinik ( p-Value <0,05). Kata kunci : Stres, Mekanisme koping, Mahasiwa, Keperawatan Bibliography : 21 ( 2017-2023)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 17 May 2024 04:04 |
Last Modified: | 17 May 2024 04:04 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34126 |
Actions (login required)
View Item |