HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN MEKANISME KOPING PADA MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM MENGHADAPI PRAKTEK BELAJAR KLINIK

Saputra, Dimas Agil (2023) HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN MEKANISME KOPING PADA MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM MENGHADAPI PRAKTEK BELAJAR KLINIK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
30902000075_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Stres adalah realitas kehidupan, dan orang merespons stres dengan cara yang berbeda berdasarkan berbagai keadaan, salah satunya adalah bagaimana mereka mempersepsikan kejadian stres (stressor). Mahasiswa keperawatan melakukan kegiatan praktik klinik sebagai salah satu pengalaman belajarnya sehingga dapat menerapkan konsep yang telah dipelajarinya dengan melakukan tugas keperawatan hanya pada klien di fasilitas praktik Metode : Menggunakan metodologi penelitian deskriptif korelatif, pengumpulan data menggunakan kuisioner PSS-10 dan Brief Cope Infentory, dengan teknik sample menggunakan total sampling, dengan menggunakan rumus Chi-Square. Hasil : Berdasarkan hasil yang diperoleh dari 58 responden, dimana seluruh respondenya berada pada masa umur remaja akhir, dan lebih dari sebagian responden adalah perempuan sejumlah (77,6%) dari 58, dan didapatkan responden terbanyak dengan tingkat stres sedang (70,7%), dan hampir seluruh mahasiswa melakukan koping adaptif (91,4%), dari 7 responden yang mengalami stres berat ada 5 (71,4%) mahasiswa yang melakukan koping maladaptif Simpulan : Ada hubungan yang bermakna antara tingkat stres dengan mekanisme koping mahasiswa dalam menghadapi praktik belajar klinik ( p-Value <0,05). Kata kunci : Stres, Mekanisme koping, Mahasiwa, Keperawatan Bibliography : 21 ( 2017-2023)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 17 May 2024 04:04
Last Modified: 17 May 2024 04:04
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34126

Actions (login required)

View Item View Item