PENGARUH DUKUNGAN SUAMI TERHADAP MOTIVASI IBU DALAM MELAKUKAN DETEKSI DINI KANKER SERVIKS DENGAN IVA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANGETAYU SEMARANG

FAIQOTUNNISA, FAIQOTUNNISA (2024) PENGARUH DUKUNGAN SUAMI TERHADAP MOTIVASI IBU DALAM MELAKUKAN DETEKSI DINI KANKER SERVIKS DENGAN IVA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANGETAYU SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB)
[img] Text
30902000091_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Pemeriksaan IVA adalah tahapan deteksi dini yang mudah. Banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya perilaku seseorang untuk melakukan deteksi dini kanker serviks dengan iva contohnya faktor yang berkaitan dengan keberhasilan dan keberlangsungan perilaku sehat yaitu dukungan dari keluarga/suami karena dukungan suami dapat berpengaruh terhadap perilaku responden. Pada umumnya Wanita usia subur yang bersedia dan mau untuk melakukan iva test jika mendapatkan dukungan dari suaminya. Oleh karena itu, dukungan suami sangat penting untuk ibu melakukan test IVA. Tujuan penilitian Untuk Mengetahui pengaruh dukungan suami terhadap motivasi ibu dalam melakukan deteksi dini kanker serviks dengan IVA. Metode : Penilitian ini menggunakan jenis penilitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel teknik probability sampling dengan menggunakan metode simple random sampling dengan 100 responden. Uji statistic tersebut menggunakan menggunakan uji chi square. Hasil : Karakteristik umur tidak berisiko < 35 tahun (93%), pendidikan terakhir SMA/SMK (51%), pekerjaan tidak bekerja / IRT (67%), lama pernikahan masa krisis <10 tahun (91%), sudah pernah melakukan IVA menjawab tidak pernah (58%), keinginan untuk melakukan IVA menjawab ya (62%), dukungan suami dikategori Baik (90%), motivasi ibu dikategori baik (89%). Hasil Analisa chi square menunjukkan p value 0.001 yang artinya adanya pengaruh antara dukungan suami terhadap motivasi ibu dalam melakukan deteksi dini kanker serviks dengan iva di wilayah kerja puskesmas bangetayu semarang. Simpulan : adanya pengaruh antara dukungan suami terhadap motivasi ibu dalam melakukan deteksi dini kanker serviks dengan iva di wilayah kerja puskesmas bangetayu semarang. Kata kunci : Kanker serviks, Dukungan suami, Motivasi ibu Daftar Pustaka : 74 (2018-2023)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 04 Jun 2024 03:49
Last Modified: 04 Jun 2024 03:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34089

Actions (login required)

View Item View Item