PENGARUH TERAPI DZIKIR TERHADAP PENURUNAN INTENSITAS NYERI PADA PASIEN KANKER SERVIKS YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RSUP DR. KARIADI SEMARANG

Rahmaputri, Farida Safitri (2024) PENGARUH TERAPI DZIKIR TERHADAP PENURUNAN INTENSITAS NYERI PADA PASIEN KANKER SERVIKS YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RSUP DR. KARIADI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text
30902000096_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: Pasien kanker serviks yang menjalani kemoterapi biasanya merasakan nyeri. Nyeri yang dialami oleh pasien kanker serviks yang menjalani kemoterapi didapatkan dari pengobatan kemoterapi. Dampak dari nyeri yang dirasakan yaitu dapat mempengaruhi kenyamanan pada tubuh individu sehingga menyebabkan lebih mudah marah, merasa cemas, denyut nadi cepat, terjadi gangguan pada pola tidur dan aktivitas sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi dzikir tehadap penurunan intensitas nyeri pada pasien kanker serviks yang menjalani kemoterapi. Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experiment dengan pendekatan One Group Pre-Post Test. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi nyeri dan terapi dzikir. Jumlah responden sebanyak 25 orang dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh diolah secara dtatistik dengan menggunakan rumus Shapiro-Wilk. Hasil: Berdasarkan hasil analisa diperoleh bahwa dari 25 responden penelitian, didapatkan karakteristik usia terbanyak mengalami kanker serviks adalah usia lansia awal (46-55 tahun) sebanyak 10 responden (40%), karakteristik pekerjaan tertinggi yaitu tidak bekerja atau IRT sebanyak 16 responden (64%), karakteristik jumlah kehamilan tertinggi yaitu multigravida atau sudah pernah hamil lebih dari satu kali sebanyak 21 responden (84%), karakteristik jumlah anak terbanyak yaitu memiliki anak >2 sebanyak 14 responden (56%), karakteristik riwayat abortus terbanyak yaitu yang tidak pernah abortus sebanyak 17 responden (68%). Karakteristik tingkat nyeri sebelum diberikan intervensi terbanyak yaitu nyeri sedang sebanyak 17 responden (68%), dan tingkat nyeri pasien yang sesudah diberikan intervensi terbanyak yaitu nyeri ringan sebanyak 20 responden (80%). Simpulan: Terdapat pengaruh terapi dzikir terhadap penurunan intensitas nyeri pada pasien kanker serviks yang menjalani kemoterapi di RSUP Dr. Kariadi Semarang dengan p value 0,001 (<0,05). Kata kunci: Kanker serviks, Nyeri kemoterapi, Terapi dzikir Daftar Pustaka: 49 (2018-2023)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jun 2024 06:38
Last Modified: 07 Jun 2024 06:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34087

Actions (login required)

View Item View Item