HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU DIET PADA PENDERITA TEKANAN DARAH TINGGI DI DESA DAPURNO KECAMATAN WIROSARI

Riskiani, Feni (2024) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU DIET PADA PENDERITA TEKANAN DARAH TINGGI DI DESA DAPURNO KECAMATAN WIROSARI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
30902000098_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Tekanan darah merupakan tekanan dengan batas normal hingga 140 mmHg dan tidak ada tanda gejala klinis. Tingkat pengetahuan bagi lansia tentang tekanan darah tinggi dapat mempengaruhi sikap dan kekambuhan. Kurangnya pengetahuan dan kebiasaan buruk dapat mempengaruhi peningkatan tekanan darah pada lansia. Pengetahuan yang dimiliki masyarakat berpengaruh terhadap perilaku penerapan pola hidup sehat. Penerapan pola hidup sehat dapat mendukung keberhasilan pengobatan nonfarmakologi berupa program diet tekanan darah tinggi. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan perilaku diet pada penderita tekanan darah tinggi di Desa Dapurno Kecamatan Wirosari. Metode : Penelitian ini merupakan jenis kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 80 lansia. Instrument yang digunakan kisioner tingkat pengetahuan dengan perilaku diet, Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Kendal-Tau C. Hasil : Hasil penelitian pada 80 lansia, dapat disimpulkan bahwa lansia terbanyak berusia 60 – 74 tahun, jenis kelamin terbanyak adalah Perempuan, berat badan terbanyak yaitu 51 – 60 kg, dan sebagian besar lansia mengalami Hipertensi. Pada penelitian ini sebagian besar tingkat pengetahuan lansia termasuk kategori sedang dan perilaku diet pada lansia termasuk kategori baik. Simpulan : Ada hubungan sangat kuat antara hubungan tingkat pengetahuan dengan perilaku diet pada lansia. Kata Kunci : Tingkat pengetahuan,Perilaku diet Daftar Pustaka : 11 ( 2012 – 2023 )

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jun 2024 02:48
Last Modified: 07 Jun 2024 02:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34085

Actions (login required)

View Item View Item