HUBUNGAN KEBIASAAN MEROKOK DENGAN GEJALA PENYAKIT PARU PADA REMAJA DI DESA TANGGEL KECAMATAN RANDUBLATUNG KABUPATEN BLORA

Astuti, Fifiani Yuli (2024) HUBUNGAN KEBIASAAN MEROKOK DENGAN GEJALA PENYAKIT PARU PADA REMAJA DI DESA TANGGEL KECAMATAN RANDUBLATUNG KABUPATEN BLORA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text
30902000099_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Kebiasaan merokok secara tidak langsung dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, dalam jangka waktu yang panjang akan membahayakan bagi tubuh. Selain berdampak pada perokok aktif, orang-orang disekitar perokok tersebut yang secara tidak langsung menghirup asap rokok juga memiliki resiko yang sama besarnya dengan perokok aktif tersebut. Meskipun tidak merokok, berada di lingkungan yang penuh dengan asap rokok masih dapat menimbulkan efek yang tidak baik terhadap tubuh sama halnya seperti perokok aktif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisi hubungan kebiasaan merokok dengan gejala penyakit paru pada remaja di desa Tanggel, Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora. Metode: Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan studi cross sectional. Pengambilan data dilakukan dengan survei di Desa Tanggel Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora. Instrument yang digunakan berupa kuesioner. Hasil: Hasil penelitian didapatkan hasil adanya hubungan yang bermakana antara dua variabel yaitu kebiasaan merokok dengan gejala penyakit paru mendapatkan hasil nilai p value 0,00< 0,05 artinya terdapat hubungan yang signifikan. Kesimpulan: Terdapat hubungan kebiasaan merokok dengan gejala penyakit paru pada remaja di Desa Tanggel Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora. Kata Kunci: kebiasaan merokok, Gejala penyakit paru Daftar pustaka: 24(2015-2023)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jun 2024 02:31
Last Modified: 07 Jun 2024 02:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34084

Actions (login required)

View Item View Item