PEMILIHAN PEMASOK BAHAN BAKU PAVING BLOCK DENGAN PENDEKATAN VENDOR PERFORMANCE INDICATOR (VPI) MENGGUNAKAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (Studi Kasus : UMKM PAVING BLOCK Bapak Supriyanto )

RACHIMAWAN, JIHAD FADHILAH (2024) PEMILIHAN PEMASOK BAHAN BAKU PAVING BLOCK DENGAN PENDEKATAN VENDOR PERFORMANCE INDICATOR (VPI) MENGGUNAKAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (Studi Kasus : UMKM PAVING BLOCK Bapak Supriyanto ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Industri_31601900038_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
Teknik Industri_31601900038_fullpdf.pdf

Download (8MB)

Abstract

UMKM Paving block bapak Supriyanto adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan atau memproduksi Paving block dan Conblock. UMKM ini hanya memiliki 1 cabang yaitu di daerah ungaran tepatnya di desa kalisidi, Kabupaten Semarang,. UMKM Paving block bapak Supriyanto rata rata membuat sekitar 40000 buah batako atau paving block per bulan. Beberapa faktor yang mempengaruhi banyaknya permintaan Paving block yaitu kualitas produk yang cukup baik, harga yang terjangkau serta waktu produksi yang singkat. UMKM Paving block bapak Supriyanto juga mempunyai masalah dalam pengiriman dan pasokan untuk produksi untuk mengembangkan produksi agar lebih optimal. Vendor Performance Indicator (VPI) merupakan suatu sistem manajemen pengukuran kinerja supplier yang dilakukan secara komprehensif dan sesuai reqruitment perusahaan dan dapat menunjukkan performansi kinerja dari supplier.. Didapat hasil Terdapat 5 kriteria dan 10 subkriteria yang terpilih pada penilaian kinerja supplier di UMKM Paving Block Bapak Supriyanto diantaranya : kriteria pertama quality dengan sub kriteria kualitas bahan baku dan garansi atau jaminan bahan baku, kemudian kriteria kedua yaitu cost dengan subkriteria harga bahan baku dan periode pembayaran tagihan, untuk kriteria ketiga yaitu delivery dengan subkriteria ketetapan waktu pengiriman dan ketetapan kuantitas atau jumlah bahan baku yang dikirim, kemudian untuk kriteria keempat yaitu flexibility dengan subkriteria dipenuhinnya permintaan perubahan jumlah yang dipesan dan perubahan waktu pengiriman, terakhir yaitu kriteria responsiveness dengan subkriteria respon terhadap perubahan jadwal pengiriman dan supplier merespon problem kualitas. Dari hasil perhitungan dan pembobotan supplier terhadap 5 kriteria dan 10 subkriteria berdasarkan Vendor Performance Indicator (VPI) didapatkan hasil bahwa supplier Kendal mempunyai nilai tertinggi sebanyak 1,97 lalu ada supplier Kab. Semarang dengan nilai 1,88 dan yang terakhir supplier Boyolali dengan nilai 1,07. Kata Kunci : Analytical Hierarchy Process (AHP),UMKM Paving Block, Vendor Performance Indicator (VPI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 30 May 2024 07:46
Last Modified: 30 May 2024 07:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34064

Actions (login required)

View Item View Item