ANTESENDEN DAN KONSEKUEN GREEN PRODUCT ADVANTAGE PADA UMKM BATIK PEKALONGAN

Aini, Vina Shofa (2024) ANTESENDEN DAN KONSEKUEN GREEN PRODUCT ADVANTAGE PADA UMKM BATIK PEKALONGAN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402200035_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402200035_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)

Abstract

Industry produksi batik harus mampu melakukan inovasi agar produk tersebut memiliki perbedaan dari produk bersaing. Hal ini merupakan tantangan untuk terus meningkatkan inovasi dalam rangka meningkatkan keunggulan bersaing terutama batik-batik impor dengan harga yang lebih terjangkau. Kreatifitas dalam membuat corak dan tepat membidik segmen pasar dapat menjadi kunci utama menangkal serbuan batik pesaing. Inovasi sangat dibutuhkan untuk mempertahankan keunggulan batik local dari batik-batik impor. Kreatifitas dalam merancang motif batik dengan penggunaan bahan-bahan yang alam diharapkan menjadikan produk batik lebih menarik dan unggul. Menciptakan produk batik yang lebih kompetitif sesuai dengan permintaan pasar. Kemampuan industry produksi batik UKM dalam menciptakan produk yang lebih ramah lingkungan diharapkan akan meningkatkan green product advantage dan berdampak pada kinerja pasar. metode pengambilan sampel yakni “Purposive Non Random Sampling” artinya pengambilan sampel dengan mempertimbangkan karakteristik populasi yakni: a). Industry produksi batik dengan lama beroperasi minimal 3 tahun. Populasi dalam penelitian ini adalah industry produksi batik di wilayah Kabupaten Pekalongan dan Kota Pekalongan dengan total populasi 100. 1. Green Product Innovation berpengaruh positif signifikan terhadap Green Product Advantage. Hal ini dibuktikan dengan koefisien jalur sebesar 0,402 dan nilai P- Values 0,000 0,05 ditambah dengan nilai T-Statistic positif (4,153) t table (1,96). 2. Green Product Innovation berpengaruh positif signifikan terhadap Performance Market. Hal ini dibuktikan dengan koefisien jalur sebesar 0,443 dan nilai P- Values 0,000 0,05 ditambah dengan nilai T-Statistic positif (3,680) t table (1,96). 3. Green Process Innovation berpengaruh positif signifikan terhadap Green Product Advantage. Hal ini dibuktikan dengan koefisien jalur sebesar 0,479 dan nilai P- Values 0,000 0,05 ditambah dengan nilai T-Statistic positif (5,292) t table (1,96). 4. Green Process Innovation berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Performance Market. Hal ini dibuktikan dengan koefisien jalur sebesar 0,208 dan nilai P- Values 0,117 0,05 ditambah dengan nilai T-Statistic (1,568) t table (1,96). 5. Green Product Advantage tidak dapat memediasi Performance Market dan berpengaruh positif tidak signifikan. Hal ini dibuktikan dengan koefisien jalur sebesar 0,204 dan nilai P- Values 0,189 0,05 ditambah dengan nilai T-Statistic (1,314) t table (1,96). Teknik analisis data dalam regresi linier berganda dengan program oleh data Smart PLS 3 Win. Kata kunci: Green Product Innovation. Green Process Innovation, Green Product Advantage, Performance Market.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 03 Jun 2024 01:41
Last Modified: 03 Jun 2024 01:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34014

Actions (login required)

View Item View Item