PENINGKATAN KINERJA PASAR EKONOMI KREATIF BERBASIS MASLAHAH POSITIONAL ADVANTAGE

Suryawardana, Edy (2024) PENINGKATAN KINERJA PASAR EKONOMI KREATIF BERBASIS MASLAHAH POSITIONAL ADVANTAGE. Doctoral thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Doktor Ilmu Manajemen_10401900004_fullpdf.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Doktor Ilmu Manajemen_10401900004_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)

Abstract

Pengembangan produk merupakan sumber potensial keunggulan kompetitif bagi banyak perusahaan. Pengembangan produk juga penting karena memungkinkan perusahaan untuk melakukan akuisisi dan merger. Hal ini adalah cara penting dimana anggota organisasi melakukan diversifikasi dan beradaptasi agar sesuai dengan kondisi pasar dan teknis yang berkembang.. Dengan demikian, pengembangan produk adalah salah satu proses penting untuk kesuksesan, kelangsungan hidup dan pembaharuan organisasi, terutama untuk perusahaan baik di pasar yang bergerak cepat. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori keunggulan sumber daya (resource advance theory atau R-A Theory). Dalam hal kontribusi R-A Theory, penelitian ini mengeksplorasi tentang implementasi nilai- nilai Islam dalam maslahah positional advantage yang dikaitkan dengan Halal Product Orientation, halal marketing dan halal awareness terhadap market performance yang masih jarang dilakukan pada studi-studi terdahulu. Temuan penelitian akan menambah pemahaman R-A Theory tentang peran penting maslahah positional advantage. Secara khusus penambahan maslahah dalam konsep positional advantage merupakan sesuatu yang unik dan baru yang menambah khasanah ilmu pengetahuan pada R-A Theory dengan sumberdaya komparatif dan kompetitif berbasis nilai-nilai religiusitas Islam dan marketing management. Hal tersebut dilakukan perusahaan dalam usaha meningkatkan kinerja bisnisnya. Populasi studi adalah manajer atau pemilik UMKM kreatif kuliner yang terdistribusi di 35 Kabupaten / kota di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Populasi pada penelitian ini jumlahnya 2.150 pemilik UMKM kreatif yang difasilitasi sertifikasi halal yang terdaftar pada Dinas Koperasi dan UMKM propinsi Jawa Tengah tahun 2019 - 2023. Metode pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling, yaitu penentuan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu, yaitu UMKM kreatif kuliner yang telah beroperasi selama minimal tiga (3) tahun, sebaran keberadaan/kepemilikan UMKM kreatif kuliner dan kelayakan operasional produk kreatif, khususnya kuliner makanan. Berdasarkan kriteria pengambilan sampel tersebut, maka dari jumlah yang memenuhi syarat dan layak untuk dianalisis sejumlah 269 responden. Parameter dalam penelitian ini berjumlah 63 yang diolah menggunakan AMOS versi 22.0. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa halal awareness, halal product orientation, halal marketing serta maslahah positional advantage mempengaruhi market performance.Penelitian ini juga memberikan implikasi teori dan implikasi manajerial serta agenda penelitian mendatang. Kata kunci : halal awareness, halal product orientation, halal marketing, maslahah positional advantage, business performance

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Program Doktor Ilmu Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 31 May 2024 03:05
Last Modified: 31 May 2024 03:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33993

Actions (login required)

View Item View Item