PENGARUH KOMPETENSI PERANGKAT DESA, SISTEM KEUANGAN DESA, PENGENDALIAN INTERNAL, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, DAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA

Mustaghfiroh, Rizki Urul (2023) PENGARUH KOMPETENSI PERANGKAT DESA, SISTEM KEUANGAN DESA, PENGENDALIAN INTERNAL, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, DAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Akuntansi_31401900144_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31401900144_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

Akuntabilitas ialah prinsip tata kelola pemerintahan yang berkontribusi dalam menaikkan kepercayaan masyarakat pada serangkaian kebijakan dan program yang dirancang serta dilaksanakan pemerintah dengan tujuan memberikan manfaat bagi masyarakat. Akuntabilitas mencakup berbagai tanggung jawab, termasuk penyajian, pelaporan, serta pengungkapan seluruh tindakan yang dilakukan agen atas nama prinsipal. Teori Stewardship berpendapat bahwa menjaga keberhasilan suatu organisasi, mengoptimalkan kinerjanya demi kepentingan pemilik, dan memastikan kepuasan pemilik semuanya berkorelasi positif. Dalam lingkungan pemerintahan, kepala desa berperan menjadi administrator, sedangkan masyarakat menjadi pemilik dana (Prinsipal). Jenis penelitian yang dipakai yakni penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini mengacu pada semua perangkat desa yang bertanggungjawab atas pengelolaan keuangan desa di tahun 2023 di kec. Tahunan dan kec. Batealit Kab. Jepara Provinsi Jawa Tengah. Sampel yang dipergunakan sejumlah 78 perangkat desa yang mencakup Kepala Desa, Sekretaris Desa, serta Kaur Keuangan Desa dari 26 desa. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan ialah teknik survei serta dokumentasi. Berdasarkan pengolahan data melalui SPSS, disimpulkan bahwasanya Kompetensi Aparatur Desa dan Pemanfaatan Teknologi Informasi tidak berpengaruh secara parsial serta signifikan pada Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa, sedangkan Siskeudes, Pengendalian Internal, dan Partisipasi Masyarakat berpengaruh secara parsial serta signifikan pada Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 29 May 2024 03:45
Last Modified: 29 May 2024 03:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33966

Actions (login required)

View Item View Item