PENGARUH AROMATERAPI ESSENTIAL OIL LAVENDER DAN DZIKIR TERHADAP TINGKAT MUAL DAN FATIGUE PADA PASIEN PASCA KEMOTERAPI DI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG

NADZIFA, ILMI (2023) PENGARUH AROMATERAPI ESSENTIAL OIL LAVENDER DAN DZIKIR TERHADAP TINGKAT MUAL DAN FATIGUE PADA PASIEN PASCA KEMOTERAPI DI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
30902000114_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Kanker adalah penyakit kronis yang menyebabkan sel dalam tubuh berubah dan tumbuh diluar kendali. Kemoterapi merupakan salah satu pengobatan yang bertujuan untuk membunuh sel-sel kanker agar sel-sel tersebut tidak menyebar ke organ lainnya. Efek samping kemoterapi yaitu mual muntah yang menyebabkan fatigue. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh aromaterapi essential oil lavender terhadap mual dan fatigue pada pasien kanker pasca kemoterapi. Metode: penelitian ini menggunakan pre-eksperimental desain dengan one group pre test post test desain. Dengan menggunakan rumus Lemeshow dengan jumlah sampel 16 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Indexs Nausea, Vomiting, and Retching dan kuesioner Brief Fatigue Inventory. Data diambil sebelum dan sesudah dilakukan intervensi kemudian diolah secara statistik menggunakan uji wilcoxon. Hasil: hasil penelitian untuk mengetahui pengaruh aromaterapi essential oil lavender dan dzikir terhadap mual dan fatigue pada pasien kanker pasca kemotrapi didapatkan nilai Mual rata -rata sebelum dilakukan intervensi Aromaterapi sebesar 14,00. Dan nilai rata -rata sesudah dilakukan intervensi Aromaterapi sebesar 7,88. Dengan selisih sebelum dan sesudah diberikan intervensi sebesar 6,12 dan nilai p-value ,002. Rata-rata nilai fatigue sebelum dilakukan intervensi dzikir sebesar 17,63 dan sesudah dilakukan intervensi dzikir sebesar 14,31 dan selisish sebelum dan sesudah dilakukan sebesar 3,32 dan p-value ,002. Karena nilai p (<0,05) maka menolak H0 dan Menerima Ha. Kesimpulan: Ada pengaruh aromaterapi essential oil lavender dan dzikir terhadap mual dan fatigue pada pasien kanker pasca kemoterapi dengan P-value ,002 dan ,002 (<0,05), sehingga dapat diartikan terdapat pengaruh yang bermakna. Kata Kunci: Mual dan Fatigue, Kemoterapi, Kanker, Aromaterapi dan Dzikir Daftar Pustaka: 42 (2016 – 2023)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2024 07:11
Last Modified: 15 May 2024 07:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33952

Actions (login required)

View Item View Item