HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK MAHASISWA DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG SASARAN KESELAMATAN PASIEN PADA MAHASISWA PROFESI NERS DI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG

NAFIAH, LILIK CHAYYATIN (2023) HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK MAHASISWA DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG SASARAN KESELAMATAN PASIEN PADA MAHASISWA PROFESI NERS DI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img]
Preview
Text
30902000131_fullpdf.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

difokuskan pada pemberian pelayanan kesehatan dengan segala rencana atau tindakan untuk membantu orang, keluarga, dan masyarakat meningkatkan kesejahteraan kesehatannya secara menyeluruh. Mahasiswa profesi adalah calon perawat yang nantinya akan berinteraksi langsung dengan pasien dan ikut serta dalam memberikan asuhan keperawatan. Saat mendapatkan pengalaman di rumah sakit, mahasiswa keperawatan bisa melakukan kesalahan. Salah satu faktor yang berdampak pada keselamatan pasien dan standar pelayanan adalah mahasiswa. Tujuan : Mengetahui hubungan antara karakteristik mahasiswa dengan tingkat pengetahuan tentang sasaran keselamatan pasien pada mahasiswa profesi Ners Di RSI Sultan Agung Semarang. Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional dengan menggunakan metode crossectional, pengumpulan data menggunakan kuesioner .Variabel bebas dalam penelitian ini adalah karakteristik mahasiswa yang meliputi umur, jenis kelami, dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), sementara variabel terikat dalam penelitian ini adalah tingkat pengetahuan tentang sasaran keselamatan pasien. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 104 mahasiswa yang berada di RSI Sultan Agung Semarang. Penelitian ini menggunakan total sampling dan diolah secara stastistic dengan menggunakan korelasi spearmen dan chi square. Hasil : uji spearman rank nilai p value 0,001 dan kekuatan korelasi 0,754 yang menunjukan adanya hubungan yang kuat antara karakteristik mahasiswa dengan tingkat pengetahuan tentang sasaran keselamatan pasien Simpulan : Penelitian ini ada hubungan yang bermakna antara karakteristik mahasiswa dengan tingkat tingkat pengetahuan tentang sasaran keselamatan pasien pada mahasiswa profesi Ners Di RSI Sultan Agung Semarang. Kata Kunci : sasaran keselamatan pasien, karakteristik mahasiswa Daftar pustaka : 25 (2004 – 2023)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2024 07:31
Last Modified: 15 May 2024 07:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33939

Actions (login required)

View Item View Item