PENGARUH KOMBINASI SERBUK JAMUR TIRAM TERAKTIVASI UVB, PROBIOTIK DAN AIR KELAPA MUDA TERHADAP KADAR INTERLEUKIN-10 DAN TRANSFORMING GROWTH FACTOR-BETA (Studi Eksperimental Pada Tikus Kolitis Akibat Induksi Asam Asetat)

Yana, Dian Rudy (2024) PENGARUH KOMBINASI SERBUK JAMUR TIRAM TERAKTIVASI UVB, PROBIOTIK DAN AIR KELAPA MUDA TERHADAP KADAR INTERLEUKIN-10 DAN TRANSFORMING GROWTH FACTOR-BETA (Studi Eksperimental Pada Tikus Kolitis Akibat Induksi Asam Asetat). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Magister Biomedik_MBK2117010247_fullpdf.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Magister Biomedik_MBK2117010247_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)

Abstract

Latar Belakang : Lactobacillus dan Bifidobacterium merupakan koloni terbesar di saluran cerna yang bersifat menekan terhadap alergi dan inflamasi. Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) yang dipapar oleh UVB merupakan sumber vitamin D2 dan memiliki potensi sebagai antiinflamasi dan antioksidan, sehingga dapat menurunkan produksi dari mediator inflamasi seperti TNF-α, IL-10 dan prostaglandin E2. Untuk membuktikan pengaruh kombinasi serbuk jamur tiram teraktivasi UVB, probiotik dan air kelapa muda (Debiococo) terhadap kadar IL-10 dan TGF-β pada tikus kolitis akibat diinduksi asam asetat. Metode : Penelitian dengan desain post test only control group design, dilakukan pada 30 ekor tikus wistar jantan yang dibagi secara acak menjadi 5 kelompok. Kelompok K1 (normal), K2 (kontrol negatif), K3 (kontrol positif (sulfasalazine)), K4 (Debiococo dosis 1 (400 IU + 4 mL probiotik)), dan K5 (Debiococo dosis 2 (800 IU + 4 mL probiotik)). Tikus kolitis diinduksi asam asetat 4% secara intrarectal. Perlakuan diberikan selama 8 hari. Kemudian dilakukan pengambilan darah untuk pemeriksaan ELISA terhadap kadar IL-10 dan TGF-β. Data dianalisis dengan uji One Way Anova. Hasil : Uji One Way Anova kadar IL-10 dan TGF-β terdapat perbedaan yang signifikan (p<0,05). Uji Post Hoc menunjukkan kadar IL-10 ada perbedaan signifikan antara K2 dengan K5 dan kadar TGF-β menunjukkan tidak ada perbedaan antara K2 dengan K3, K4, dan K5. Kesimpulan: Kombinasi serbuk jamur tiram teraktivasi UVB, probiotik dan air kelapa (Debiococo) dengan 800 IU + 4 mL probiotik mampu menurunkan kadar IL10 dan meningkatkan TGF-β pada tikus kolitis akibat induksi asam asetat. Kesimpulan tersebut mendorong pemanfaatan Debiococo untuk terapi kolitis. Kata Kunci : TGF-β, IL-10, UVB, Probiotik, Jamur tiram, Debiococo

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Biomedik
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 22 May 2024 02:16
Last Modified: 22 May 2024 02:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33921

Actions (login required)

View Item View Item