PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2018-2021)

Sari, Silvi Indah (2023) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2018-2021). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Akuntansi_31402000139_fullpdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Akuntansi_31402000139_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh corporate governance terhadap kinerja keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2021. Corporate governance dalam penelitian ini diproksikan oleh dewan komisaris independen, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komite audit. Sedangkan kinerja keuangan perusahaan diukur dengan menggunakan Return on Asset (ROA). Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, sehingga memperoleh sampel sebannyak 30 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana sampel akan diolah dan dianalisis dengan menggunakan regresi linear berganda melalui uji asumsi klasik. Teknik analisis data dengan menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dewan komisaris independen memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan, kepemilkan institusional memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap kinerja keuangan, sedangkan kepemilikan manajerial dan komite audit tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja keuangan. Kata kunci : Dewan Komisaris Independen, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Komite Audit, Kinerja Keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 20 May 2024 06:32
Last Modified: 20 May 2024 06:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33905

Actions (login required)

View Item View Item