TINJAUAN YURIDIS TERHADAP KEJAHATAN EKSPLOITASI ANAK SEBAGAI PENGEMIS JALANAN DI KABUPATEN GROBOGAN (Studi Kasus di Dinas Sosial Kabupaten Grobogan)

Aldityano, Muhammad Ilham (2023) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP KEJAHATAN EKSPLOITASI ANAK SEBAGAI PENGEMIS JALANAN DI KABUPATEN GROBOGAN (Studi Kasus di Dinas Sosial Kabupaten Grobogan). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Ilmu Hukum_30302000527_fullpdf.pdf

Download (851kB) | Preview
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000527_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)

Abstract

Merebaknya pengemis anak dan anak jalanan di Indonesia merupakan persoalan sosial yang cukup kompleks. Menjadi pengemis anak dan anak jalanan memang bukan merupakan pilihan yang menyenangkan, karena mereka harus berada dalam kondisi yang tidak memiliki masa depan yang jelas.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui yang menjadi penyebab factor terjadinya kejahatan eksploitasi anak sebagai pengemis jalanan di Kabupaten Grobogan dan ntuk mengetahui penanganan kejahatan ekspolitasi anak sebagai pengemis jalanan di Kabupaten Grobogan. Metode penelitian menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. yaitu suatu penelitian dimana penelitian tersebut menekankan pada ilmu hukum serta penelitian lapangan, tetapi disamping itu juga mengaitkan kaidah-kaidah hukum yang berlaku di dalam masyarakat. Spesifikasi penelitian hukum yang akan digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk memperoleh gambaran (deskripsi), lengkap tentang keadaan hukum yang berlaku di tempat tertentu. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan yaitu Penyebab Faktor Terjadinya Kejahatan Eksploitasi Anak Sebagai Pengemis Jalanan Di Kabupaten Grobogan adalah faktor ekonomi, faktor urbanisasi, faktor pendorong keluarga dan lingkungan, faktor pendidikan yang rendah, dalam hal ini faktor kurangnya kepedulian pemerintah dan masyarakat seperti perlindungan dan pemenuhan hak- hak anak tersebut serta Penanganan Kejahatan Ekspolitasi Anak Sebagai Pengemis Jalanan Di Kabupaten Grobogan yaitu Upaya Pre-Emtif berupa penanaman nilai- nilai atau norma-norma agama sejak dini, Upaya Preventif berupa melakukan pengawasan langsung atau patroli dikawasan-kawasan yang banyak ditempati pengemis jalanan seperti Jl. Sudirman, persimpangan lampu merah R.Suprapto dan Upaya Represif berupa penanganan di kantor Kepolisian sesuai prosedur penanganan tindak pidana dan penyelesaian dengan cara mediasi atau negosiasi oleh instansi perlindungan anak. Kata Kunci : Anak, Eksploitasi, Pengemis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 13 May 2024 06:55
Last Modified: 13 May 2024 06:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33852

Actions (login required)

View Item View Item