HUBUNGAN BREASTFEEDING SELF EFFICACY DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANDARHARJO SEMARANG

Mustika, Nisaul (2024) HUBUNGAN BREASTFEEDING SELF EFFICACY DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANDARHARJO SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img]
Preview
Text
30902000165_fullpdf.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Pemberian ASI eksklusif ialah suatu keadaan dimana bayi cukup diberi asupan ASI tanpa tambahan apapun di enam bulan pertama. Pemberian ASI eksklusif mempunyai peran penting untuk menjaga kesehatan dan keberlanjutan kehidupan serta imunitas tubuh dari bayi. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi pemberian ASI eksklusif salah satunya ialah breastfeeding self efficacy. Breastfeeding self efficacy adalah suatu kepercayaan dalam diri ibu untuk menyusui bayinya. Breastfeeding self efficacy merupakan faktor psikometri yang mempunyai pengaruh secara positif terhadap peningkatan pemberian ASI eksklusif. Tujuan : Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan breastfeeding self efficacy dengan pemberian ASI eksklusif pada ibu menyusui di Wilayah Kerja Puskesmas Bandarharjo Semarang Metode : Jenis penelitiaan kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan adalah ibu menyusui yang mempunyai bayi usia 6-24 bulan di wilayah Puskesmas Bandarharjo Semarang. Teknik yang digunakan adalah purposive sampling sebanyak 100 responden. Uji korelasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji spearmen rank Hasil : Hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Spearman didapatkan hasil p-value 0,00 (<0,05) maka menunjukan terdapat hubungan antara breastfeeding self efficacy dengan pemberian ASI eksklusif di Desa Kuningan Bandarharjo Semarang dengan koefisiensi korelasi 0,482 menunjukan keeratan hubungannya ialah sedang dengan arah korelasi positif. Simpulan : Terdapat hubungan antara breastfeeding self efficacy dengan pemberian ASI eksklusif pada ibu menyusui di Wilayah Kerja Puskesmas Bandarharjo Semarang. Kata kunci : Breastfeeding self efficacy, Pemberian ASI eksklusif Daftar Pustaka : 68 (2018 – 2023)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 May 2024 07:58
Last Modified: 13 May 2024 07:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33832

Actions (login required)

View Item View Item