PERAN RESERSE KRIMINAL (RESKRIM) DALAM MENGUNGKAP KASUS PENCURIAN KENDARAAN BERMOTOR DI KABUPATEN SEMARANG (STUDI KASUS POLRES SEMARANG)

Sari, Dhea Permata (2024) PERAN RESERSE KRIMINAL (RESKRIM) DALAM MENGUNGKAP KASUS PENCURIAN KENDARAAN BERMOTOR DI KABUPATEN SEMARANG (STUDI KASUS POLRES SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text
Ilmu Hukum_30302000484_fullpdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000484_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)

Abstract

Kejahatan pencurian sepeda motor di Kabupaten Semarang merupakan salah satu bentuk tindakan kriminal yang telah menimbulkan ketidaknyamanan dan kekhawatiran dalam kehidupan masyarakat. Peningkatan tindak pidana pencurian disebabkan oleh berbagai faktor, terutama faktor ekonomi. Hukuman bagi para pelaku pencurian sepeda motor juga dianggap sudah sesuai. Terkait dengan hukuman di Indonesia untuk tindak pidana pencurian motor, hal ini dapat ditemukan dalam dasar hukum KUHP Pasal 363 yang mengatur tentang pencurian dengan ancaman hukuman penjara hingga 5 tahun. Penelitian ini menerapkan metode pendekatan yuridis empiris, yang merujuk pada penelitian yang secara khusus diarahkan untuk memahami dan mengumpulkan data penelitian yang diperlukan melalui observasi langsung terhadap situasi atau kejadian yang terjadi dalam masyarakat. Pendekatan ini bertujuan untuk mendapatkan wawasan dan informasi yang akurat mengenai realitas yang sedang diteliti. Penegakan hukum yang di lakukan oleh kepolisian Polres Semarang untuk mengurangi terjadinya tindak pidana sangat efektif dan benar di lakukan sesuai sop dengan dasar KUHAP.Pasal 2 Undang-undang No 2 Tahun 2002 dalam Undang- Undang ini secara tegas dinyatakan bahwa kewenangan Kepolisian Negara Republik Indonesia, yaitu melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap semua tindak pidana sesuai dengan hukum acara pidana dan peraturan perundang-undangan lainnya. Dalam mencegah hambatan yang dihadapi oleh reserse kriminal (reskrim) dalam mengungkap kasus kendaraan bermotor, kita harus memiliki solusi agar segala hambatan yang ada tidak mengganggu peran reserse kriminal (reskrim) dalam mengungkap kasus pencurian kendaraan bermotor di wilayah Kabupaten Semarang. Kata kunci : Reserse, Tindak Pidana, Pencurian Kendaraan Bermotor

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 20 May 2024 04:23
Last Modified: 20 May 2024 04:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33829

Actions (login required)

View Item View Item